Sukses

Pelatih Kroasia Janji Tidak 'Parkir Bus' Lawan Brasil

Kovac berharap pemainnya bisa menyerang sekaligus bertahan.

Liputan6.com, Rio de Janeiro: Kroasia akan menghadapi duel berat menghadapi tuan rumah Brasil dini hari nanti di Stadion Arena Corinthians, Sao Paulo. Pelatih Kroasia, Niko Kovac membantah jika pihaknya akan menggunakan strategi 'parkir bus' atau menempatkan banyak pemain bertahan guna meredam serangan Kroasia.

Pernyataan ini bahkan sudah ditegaskan mantan pemain timnas Kroasia itu beberapa Minggu sebelum terbang ke Brasil. Seperti apa strategi yang akan dipakai Kovac, pelatih yang menggantikan Igor Stimac jelang play off Piala Dunia Oktober 2013 lalu?

"Kami akan mematahkan serangan awal mereka dan mampu mengatur ritme permainan sesuai dengan keinginan kami. Kroasia tak akan pernah parkir bus melawan tim manapun dan itu tak akan kami mulai sekarang. Setidaknya itulah yang saya harapkan, terkadang rencana berjalan tak sesuai yang diinginkan," tandasnya seperti dikutip Guardian.

Kovac tipikal pelatih yang memperhatikan detail. Desember 2013, dia mengumpulkan seluruh pemain timnas untuk menjalani tes medis dan diberikan program latihan. Program itu harus dilakukan pemain ketika memperkuat klub masing-masing. Saat musim kompetisi selesai, pemain timnas kembali dikumpulkan dan jalani tes medis lagi.

Metode yang dipakai Kovac banyak membuat publik tercengang. Soalnya, dia melibatkan profesor dan ahli. Jadi, apakah metode seperti yang dijalani Kovac akan berhasil lawan Brasil nanti?

"Pertandingan nanti sangat menantang bagi kami, dan menyenangkan bisa membuka Piala Dunia dimana seluruh mata memperhatikan kami. Brasil tentu paling favorit," jelas Kovac. "Yang paling penting adalah pemain yang mampu berlari ke depan sekaligus ke belakang. Saya tak suka jika ada pemain yang tak mau mundur."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.