Sukses

5 Fakta Unik Semprotan Ajaib Wasit Piala Dunia

Magic spray merupakan solusi yang tepat untuk mengatur pemain selama Piala Dunia 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Ada atribut baru yang digunakan wasit yang memimpin Piala Dunia 2014. Setiap pengadil lapangan membawa alat semprot alias magic spray saat memimpin pertandingan di Brasil.

Wasit asal Jepang yang memimpin pertandingan antara Brasil melawan Kroasia, Yuichi Nishimura menjadi pengadil pertama yang menggunakan magic spray. Pertandingan pembuka Piala Dunia 2014 itu dilangsungkan pada hari Jumat (13/6/2014).

Nishimura menggunakan magic spray saat Brasil sedang mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Kroasia. Ketika itu dia menyemprot magic spray di depan pemain Kroasia yang sedang membuat pagar betis.

Berikut data dan fakta unik magic spray seperti dikutip dari Mirror:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Fungsi Magic Spray

1. Fungsi magic spray

Magic spray sangat berguna untuk wasit untuk mengatur pemain yang sedang membuat pagar betis. Jika magic spray disemprotkan ke tanah, maka wasit bisa dengan mudah mengatur kedisiplinan para pemain.

Magic spray memudahkan wasit untu mengatur jarak pemain yang membuat pagar betis dengan bola. Jaraknya adalah sepuluh meter.

3 dari 6 halaman

2. Lewat Garis Dapat Kartu Kuning

2. Lewat garis dapat kartu kuning

Kedisiplinan pemain saat melakukan pertandingan sangat dijunjung tinggi di Piala Dunia 2014. Magic spray diciptakan untuk mengatur pemain yang sulit diatur.

Jika wasit sudah memberikan garis dengan magic spray di depan pemain yang sedang membuat pagar betis harus dipatuhi. Jika kaki seorang pemain melewati garis, maka wasit berhak memberikannya kartu kuning.

4 dari 6 halaman

3. Mudah Hilang

3. Mudah hilang

Magic spray cepat hilang karena terbuat dari bahan non-toksik atau bahan yang disamakan dengan produk kosmetik berwarna putih agar bisa terlihat jelas di lapangan hijau. Magic spray menguap dengan cepat.

Magic spray akan hilang dalam waktu 60 detik setelah wasit menyemprotkannya ke lapangan hijau. Setelah satu menit, Anda tidak bisa melihat jejak dari magic spray.

5 dari 6 halaman

4. Bisa Dibeli di eBay

4. Bisa dibeli melalui eBay

Magic spray ternyata bukan barang yang sulit dicari. Barang yang satu ini bisa didapatkan melalui eBay.

Mengingat barang ini sangat berguna untuk wasit, maka magic spray bisa dengan mudah untuk dibeli.

6 dari 6 halaman

5. Bakal diterapkan di Liga Champions

5. Bakal diterapkan di Liga Champions

Tidak hanya Piala Dunia 2014 saja yang akan menggunakan magic spray, Liga Champions musim depan juga bakal menerapkannya.'

Para petinggi UEFA menemukan solusi yang tepat untuk menghindari pertengkaran antar pemain jika terjadi dilapangan hijau. Magic spray merupakan solusi yang tepat untuk turnamen tahunan paling bergensi di Benua Eropa tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini