Sukses

Deretan Dukun "Kondang" Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Kendati cara mistik sulit dibuktikan, namun duku-dukun tetap menjamur selama Piala Dunia.

Liputan6.com, Rio de Janeiro: Gelaran akbar Piala Dunia menyentuh segala aspek kehidupan termasuk mistik. Kendati tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, klenik juga tumbuh subur selama gelaran sepakbola akbar empat tahunan itu.

Dukun dari berbagai negara beradu sakti "melemahkan" tim lawan dengan mantra dan beragam ritual. Belakangan, dukun-dukun dari kontestan peserta negara Piala Dunia tidak malu-malu mengungkapkan ke publik menggunakan cara spiritual untuk membantu tim meraih kemenangan.

Kendati strategi itu tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, namun paranormal itu selalu meramaikan perhelatan Piala Dunia. Berikut deretan dukun dan ritual yang menghebohkan Piala Dunia dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Jauh sebelum perhelatan Piala Dunia di digelar diabad ke-21, Timnas Peru membawa dua dukun lokal bernama Augusto dan Ramon Canales membantu tim dengan cara spiritual agar bisa tampil optimal di Piala Dunia 1982.

Alih-alih tampil meyakinkan, Peru malah menanggung malu menjadi juru kunci di babak penyisihan grup tanpa memetik satu kemenangan.Peru dibantai Polandia dengan skor 1-5.

2. Saat Piala Dunia 2010, seorang dukun di Afrika Selatan merekomendasikan tim dan pejabat berwenang menyembelih seekor sapi di Stadion Soccer City, Johannesburg. Tumbal itu diyakini bakal memberikan tuan rumah kekuatan sekaligus mengusir bala dan nasib sial Timnas Afrika Selatan.

Entah "instruksi" dilaksanakan atau tidak, Bafana-Bafana--julukan Timnas Afsel terhenti di fase grup setelah menyelesaikan babak penyisihan grup A di posisi tiga.

3. Seorang dukun asal Ghana, Nana Kwanu Bosam mengklaim, menjadi sumber masalah cedera Cristiano Ronaldo jelang Piala Dunia 2014. Dia menyantet Ronaldo dari kejauhan. Dari hasil drawing, Ghana ditakdirkan satu grup dengan Seleccao das Quinas di grup G.

Menurut dia, cedera ini tidak akan pernah bisa dijelaskan secara medis."Hari ini dia mengalami cedera di kaki, lalu besoknya paha, dan setelah itu di bagian lainnya," jelas dia.

Bonsam mengaku sedang mengerjai Ronaldo.Dia mencari empat ekor anjing dan menggunakan anjing-anjing itu untuk menciptakan kegiatan spiritual khusus yang bernama "Kahwiri Kapam".

4. Dukun tuan rumah Brasil, Marcia Fernandes menerawang Jerman akan tampil sebagai juara dunia 2014. Cenayang itu mengumumkan prediksi itu di hadapan puluhan ribu orang yang memadati festival misteri yang digelar di pinggiran kota Sao Paulo.

5. Tidak selamanya, imej dukun negatif. Dukungan positif juga ditunjukkan paranormal Peru, kendati Peru tidak tampil di Piala Dunia 2014, dukun tersebut memberkati gelaran selama Piala Dunia. Dia berharap Neymar (Brasil), Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Lionel Messi (Argentina) tampil bagus.

Sejumlah dukun tersebut membacakan mantra di depan foto tiga pemain itu dan menghembuskan asap cerutu di depan boneka yang dipakaikan baju Timnas masing-masing pemain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.