Sukses

Prancis vs Honduras: "Cinderella" Ingin Kejutkan Raksasa Eropa

Estadio Beira Rio, Porto Alegre akan menjadi saksi pertemuan pertama Prancis kontra Honduras di pertandingan penyisihan grup E.

Liputan6.com, Porto Alegre: Tim Ayam Jantan, Prancis akan menjajal kekuatan Honduras. Kendati diprediksi sebagai tim penggembira, tim dari Amerika Tengah itu tetap bisa mengejutkan dalam pertandingan babak penyisihan grup C Piala  Dunia 2014 di Estadio Beira Rio, Porto Alegre, Minggu (15/6/2014) atau Senin dinihari WIB.

"Tim Cinderella" Honduras sempat mencicipi Piala Dunia.Honduras pertama kali lolos ke Piala Dunia 2010 dan Piala Dunia tahun ini, tim asuhan Luis Fernando Suarez itu kembali mendapat kesempatan untuk berbicara di level internasional. Honduras sendiri belum pernah menghadapi Les Bleus di pertandingan resmi.

Dari segi skuat, Prancis pun masih unggul atas Honduras. Tercatat, hanya enam pemain Honduras yang merumput di Eropa. Kondisi ini jelas menguntungkan. Prancis. Kendati dalam posisi diuntungkan, pelatih Les Blues sudah tahu susunan pemain menghadapi pertandingan nanti. Di Piala Dunia tahun ini, Prancis tanpa Franck Ribery karena cedera dan Samir Nasri yang dicoret Deschamps.

"Saya tahu susunan pemain untuk pertandingan nanti. Namun dalam sepakbola, Anda tidak bisa memprediksi hasil pertandingan," sambung Deschamps dikutip Soccerway.

Empat tahun sebelumnya, Prancis berstatus sebagai runner-up Piala Dunia 2006 keok di babak penyisihan grup Piala Dunia 2010. Isu keretakan tim menjadi disebut menjadi penyebab utama, Prancis gagal total di Afrika Selatan. Juara dunia 1998 itu hanya berstatus sebagai juru kunci grup A.

Namun sejak kursi pelatih diambil Didier Deschamps, Prancis mulai menunjukkan performa stabil. Di bawah arahan Deschamps, Prancis telah menunjukkan progress positif. Dalam lima pertandingan terakhir, Prancis tidak terkalahkan dan membuat 18 gol serta empat kali melakukan clean-sheet. Jelang berangkat ke Piala Dunia, Prancis memetik kemenangan 8-0 kontra Jamaika.

Pelatih bekas pemain Juventus itu pun berharap laga nanti berjalan sesuai harapan."Kami bekerja dinamis dengan mobilitas tinggi dan bisa tampil eksplosif. Kami memiliki beban kerja berbeda. Saya berharap semua berjalan baik-baik saja selama sepekan ini."

Pelatih Honduras Luis Fernando Suarez mengatakan, Honduras memiliki pengalaman untuk mengatasi tekanan Piala Dunia. Itu dibuktikan saat tim mampu menembus gelaran empat tahunan itu setelah melewati 16 pertandingan babak Kualifikasi. Honduras ingin memberik bukti pantas dipandang di Piala Dunia tahun ini.

Fernando Suarez meluruskan persepsi salah yang berkembang seputar permainan keras tim asuhannya saat melawan Inggris di pertandingan persahabatan."Selama 16 pertandingan Kualifikasi, tidak satu pun pemain kami mendapat kartu merah. Jadi itu menunjukkan, kami telah bermain sepakbola sesuai aturan."

"Kami hanya ingin menunjukkan sikap tepat dalam menghadapi setiap pertandingan karena kami memasang target memetik kemenangan. Tapi tentu, kami tidak bisa disebut tim yang kasar."

Dan sang pelatih menambahkan, Honduras tidak gentar menghadapi tim kuat seperti Prancis."Honduras tidak takut apapun. Kami hanya ingin dipandang sebagai sebuah tim kecil tapi mampu bermain tanpa beban. Di grup ini kami seperti Cinderella. Dan lazimnya, orang mendukung tim lemah," dia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.