Sukses

Gio Tentukan Kemenangan Belanda

Giovanni van Bronckhorst menjadi pahlawan Belanda lewat gol tunggalnya saat menaklukkan Slovenia di Grup G, dinihari ini (28/03). Sementara di Grup A, Serbia dan Portugal harus puas berbagi satu poin setelah bermain imbang 1-1.

Belanda mengokohkan diri di puncak klasemen Grup G, setelah menghempaskan Slovenia dengan skor akhir 1-0 (0-0). Gol tunggal yang menentukan tambahan tiga poin buat Belanda dalam laga lanjutan babak kualifikasi Euro 2008, diciptakan oleh Giovanni van Bronckhorst.

Bermain di Stadion Petrol Arena, tuan rumah Slovenia berhasil merepotkan lawannya di babak pertama. Tercatat serangan Slovenia yang bertumpu di kaki Milenko Acimovic beberapa kali menebar ancaman buat gawang Belanda yang dikawal Edwin van der Sar.

Striker tuan rumah, Ermin Rakovic yang sudah berhadapan dengan Van der Sar gagal menempatkan bola dengan tepat, bola tendangannya masih melambung di atas mistar. Sebelumnya, Belanda memiliki kesempatan untuk memimpin melalui aksi Wesley Sneijder yang memperoleh umpan dari Dirk Kuyt. Sayang usaha Sneijder berhasil dipatahkan kiper Slovenia, Samir Handanovic.

Di babak kedua, Marco van Basten yang mengincar kemenangan berhasil melecut para pemainnya untuk tampil lebih berani melakukan penyerangan. Di 45 menit kedua, Belanda mendominasi serangan. Peluang didapat Wilfred Bouma saat menyambut umpan sepak pojok yang dilepaskan Sneijder. Namun sayang sundulan defender Aston Villla tersebut hanya membentur tiang gawang sebelah kiri.

Akhirnya gol kemenangan Belanda tercipta juga empat menit sebelum pertandingan usai. Menerima bola yang disodorkan Clarence Seedorf, Van Brockhorst melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti dan bola yang terpantul defender-nya sendiri membuat Handanovic tak berdaya mempertahankan gawangnya dari kebobolan. Kemenangan tersebut membuat Belanda berhasil kembali ke puncak klasemen dengan unggul tiga poin dari Rumania.

Sementara di Grup A, Serbia dan Portugal harus puas berbagi satu poin saat saat bertanding, dinihari ini (28/03,) di Stadion Crvena Zvezda. Lima menit selepas kick-off, Portugal membuka skor melalui aksi dari gelandang Lyon, Tiago. Sedangkan gol balasan Serbia diciptakan oleh Branko Jankovic di menit ke-37. Di babak kedua peluang kedua tim tidak ada satu pun yang membuahkan gol.

Dari Grup C, Turki nyaris dipermalukan tamunya ketika Norwegia berhasil unggul 2-0 sampai babak pertama berakhir. Beruntung Hamit Altintop melesakkan dua gol untuk merubah skor akhir imbang 2-2. Menit 31 Turki terkejut lewat gol yang diciptakan oleh Simen Brenne. Lima menit sebelum jeda Norwegia menambah keungulan menjadi 2-0 lewat tendangan Martin Andresen yang mengarah ke sudut kiri atas.

Turki yang memburu gol pertama pada pertandingan tersebut berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 1-2, menit ke-72. Tendangan bebas Altintop yang meluncur deras gagal diantisipasi kiper Norwegia, Thomas Myhre. Akhirnya satu menit sebelum usai, Altintop menyamakan kedudukan dengan sekali lagi dari proses tendangan bebas.

Walau hanya bermain seri, Turki tetap bertahan di puncak Grup C dengan 13 poin atau unggul satu poin dari Yunani yang pada pertandingan lainnya sukses menjungkalkan Malta lewat eksekusi penalti Angelo Basinas menit ke-66. Penalti diberikan setelah defender Malta, Roderick Briffa melanggar Vassilis Torosidis. Akibat pelanggaran itu Briffa juga harus keluar lapangan pertandingan karena menerima kartu kuning kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini