Sukses

6 Pesepakbola Tercepat Sejagat

Robben kian mendekati manusia tercepat di muka Bumi, Usain Bolt.

Liputan6.com, Jakarta - Kecepatan berlari bagi seorang pesepakbola sangatlah penting. Dengan berlari cepat, maka seorang pemain bola akan sulit dikejar oleh lawannya.

Saat ini, rekor pemain dengan kecepatan lari tertinggi adalah Arjen Robben yang merupakan seorang winger Bayern Munchen dan Timnas Belanda. Dia baru saja melebihi rekor kecepatan pemain Arsenal, Theo Walcott.

Robben kian mendekati manusia tercepat di muka Bumi, Usain Bolt. Pelari asal Jamaika itu mencatatkan kecepatan mencapai 44,72 km/jam. Bolt mencatatkan rekor sebagai manusia tercepat pada tahun 2009 di Kejuaraan Dunia Berlin.

Lalu siapa saja pesepakbola tercepat di dunia? Berikut daftarnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Arjen Robben


1. Arjen Robben

Pria kelahiran Bedum, Belanda itu merupakan pesepakbola tercepat di dunia saat ini. Dia mencatat top speed 37 km/jam saat Belanda menghancurkan Spanyol dengan skor 5-1 di ajang Piala Dunia 2014.

Sebelumnya, kecepatan lari Robben hanya 30,7 km/jam. Dengan demikian, pria berusia 30 tahun itu melewati kecepatan lari Theo Walcott, yakni 35,7 km/jam.

Sepanjang karirnya, Robben sudah memperkuat lima klub profesional, yakni Groningen, PSV, Chelsea, Real Madrid dan Munchen. Dengan kecepatan yang dimilikinya, dia sudah mencetak 153 gol dari 445 penampilan bersama enam klub tersebut.

3 dari 8 halaman

2. Theo Walcott


2. Theo Walcott

Postur yang tidak terlalu tinggi, yakni 176 cm membuat Walcott lebih leluasa melakukan pergerakan. Bahkan kecepatan larinya mencapai 35,7 km/jam.

Dengan kecepatannya itu, pria berusia 25 tahun tersebut sering memimpin pasukan Arsenal dalam membangun serangan balik. Begitu Arsenal mendapat kesempatan balik, Walcott pasti akan menggiring bola hingga ke kotak penalti dan memberikan umpan manis kepada rekannya yang mempunyai peluang mencetak angka.

Berkat kecepatan yang dimilikinya itu, Walcott sudah mencatatkan 69 gol dari 281 penampilan di semua kompettisi yang dijalaninya bersama Arsenal sejak musim 2005-06.

4 dari 8 halaman

3. Antonio Valencia


3. Antonio Valencia

Tahun 2013, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) merilis pemain paling cepat di dunia. Sungguh mengejutkan, pemain sayap Manchester United, Antonio Valencia merupakan pemain tercepat dengan kecepatan berlari mencapai 35,2 km/jam.

Namun rekor yang diciptakan oleh eks Wigan itu sudah dipecahkan oleh Walcott dan Robben. Kini, Valencia merupakan pemain tercepat ketiga di dunia.

Sayangnya, sejak mengalami cedera panjang di musim 2010-11, Valencia jarang memperlihatkan kecepatannya di lapangan hijau. Dia seperti takut mendapat cedera parah yang mengakibatkannya absen panjang.

Pria berusia 28 tahun tersebut memulai karir sepak bolanya sejak tahun 2003. Total ada lima tim yang diperkuat Valencia sepanjang karirnya, yakni El Nacional, Villarreal, Recreativo, Wigan dan Manchester United. Total, dia mencatatkan 39 gol dari 379 penampilan.

5 dari 8 halaman

4. Gareth Bale


4. Gareth Bale

Kecepatan pemain termahal di dunia ini kalah dari Valencia. Bale mencatat top speed 34,7 km/jam. Kecepatannya itu dicatat ketika Real Madrid meraih kemenangan 2-1 dari Barcelona di final Piala Raja tahun 2014.

Ketika itu Bale sempat mendapat dorongan dari bek Barcelona, Jordi Alba. Bale pun terlempar ke luar lapangan, tapi pemain Timnas Wales itu terus berlari mengejar bola. Dahsyatnya, kecepatan berlari Bale membuatnya bisa melewati hadangan Alba dan mencetak gol kemenangan Madrid.

Bale mengawali karir profesionalnya sejak musim 2005-06 bersama Southampton. Dua tahun berselang dia diboyong oleh Tottenham. Bale pun menjadi pemain termahal di dunia setelah Madrid menghargainya dengan uang sebesar Rp. 1,4 triliun.

Dari tiga tim yang sudah dibelanya, Bale mencetak 82 gol dari 292 penampilan. Dia juga sukses meraih gelar Liga Champions bersama Madrid di musim 2013-14.

6 dari 8 halaman

5. Aaron Lennon


5. Aaron Lennon

Siapa pemain tercepat di dunia kelima? Jangan sepelekan posturnya yang mungil, yakni 165 cm, tapi Aaron Lennon merupakan pemain tercepat kelima di dunia.

Saat berlari sambil menggiring bola, kecepatan pemain sayap Tottenham itu bisa mencapai 33,8 km/jam. Tak ayal, setiap pelatih yang menahkodai Tottenham selalu mengandalkan Lennon ketika melakukan serangan balik.

Pria berusia 27 tahun tersebut memperkuat The Lilywhite (sebutan Tottenham) sejak musim 2005-06. Total, dia mencetak 30 gol dari 348 pertandingan di semua kompetisi.

7 dari 8 halaman

6. Cristiano Ronaldo


6. Cristiano Ronaldo

Ronaldo merupakan pemain andalan timnas Portugal dan Real Madrid. Dia memiliki kemampuan yang luar biasa. Tidak hanya tendangan keras yang terarah, Ronaldo yang kini berusia 29 tahun tersebut mempunyai kecepatan berlari di atas pemain normal yang bisa menyulitkan pemain lawan.

Saat usianya masih berusia 24 tahun, ketika itu dia masih menjadi pemain Manchester United, Ronaldo bisa berlari sejauh 100 meter dengan catatan waktu kurang dari 12 detik.

Kini, kecepatan pemain yang lahir pada tanggal 5 Februari 1985 itu hanya33,6 km/jam. Dia merupakan pemain tercepat keenam.

Dianugerahi dengan kecepatan yang sulit dihentikan, Ronaldo seperti monster bagi penjaga gawang lawan. Sepanjang karirnya, dia sudah memperkuat tiga tim, yakni Sporting Lisbon, MU dan Madrid. Total, dia mencetak 375 gol dari 569 penampilan.

8 dari 8 halaman

7. [INFOGRAFIS] Pesepakbola Tercepat

Lihat perbandingan kecepatan 6 Pesepakbola itu dalam infografis di bawah ini:

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/694236/original/pemain-tercepat-aji.jpg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.