Sukses

Hormati Legenda Ramang, Kemenpora Gelar Nobar Di Makassar

Selain Makassar, sejumlah daerah seperti, Jakarta, Medan, Surabaya, dan Jayapura juga mendapat bagian program nobar.

Liputan6.com, Makassar: Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia (Kemenpora) yang mencanangkan "Rumah Bola Kemenpora" bekerja sama dengan pihak Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel akan menggelar nonton bareng (nobar) di Makassar. Acara nobar ini bakal digelar pada babak semifinal Piala Dunia 2014 tanggal 10 Juli 2014 mendatang.

Asisten Deputi pengembangan penghargaan dan promosi Kemenpora, Chandra Bhakti, mengatakan, program nobar merupakan rangkaian program Kemenpora untuk memeriahkan hajatan Piala Dunia Brazil, dimana Kota Makassar termasuk kota yang dipilih Kemenpora untuk penyelenggaraan nobar ini.

Makassar dipilih lantaran Sulsel, khususnya kota Makassar, merupakan gudang pesepakbola handal dan awal mula sejarah sepakbola di Indonesia,"Kita sama-sama tahu kalau PSM adalah tim tertua dan Ramang salah satu legenda Makassar yang mendunia. Jadi Kementrian menginginkan nobar dilakukan di Makassar," katanya, Minggu 22 Juni.

Menurut Chandra, sosok Ramang menjadi legenda yang menginspirasi banyak pemain sepakbola di Indonesia.

"Jadi kedatangan kami ke Makassar untuk berkoordinasi dengan pihak Dispora Sulsel mengenai pelaksanaan nobar, kami berharap Dispora mampu memfasilitasi," terang Chandra.

Selain Makassar, sejumlah daerah seperti, Jakarta, Medan, Surabaya, dan Jayapura juga mendapat bagian program nobar yang dilakukan Kemenpora. Rumah Bola Kemenpora merupakan gagasan untuk menyatukan segenap masyarakat dengan acara nonton bareng pertandingan Piala Dunia 2014.

Sementara itu, Kepala Bidang (kabid) Promosi Pemuda dan Olahraga Kemenpora, Alman Hudri yang turut hadir menyebutkan nobar ini tidak membatasi jumlah penonton yang hadir, justru diharapkan sebanyak-banyaknya masyarakat Makassar menghadiri.

"Lebih banyak penonton lebih bagus karena kami memang tidak membatasinya. Kami ingin mendorong dan membudidayakan olahraga populer di masyarakat yakni sepakbola," ucapnya.

Meski demikian, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Andi Ilham Gazaling mengaku masih mencari lokasi untuk acara nobar nanti, sejauh ini ada dua opsi utama untuk dipersiapkan sebagai tempat nobar.

"Kita akan langsung bekerja mencari lokasi nobar, sudah ada beberapa usulan tapi masih akan kami pertimbangkan dan diskusikan kembali," ungkapnya.

Untuk memeriahkan nobar ini nantinya, Andi Ilham berencana mengundang kelompok-kelompok suporter PSM Makassar diantaranya Laskar Ayam Jantan, The Maczman, Red Gank, KVS, ISM hingga suporter Hasanuddin untuk memeriahkan nobar tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.