Sukses

Australia vs Spanyol: Demi Harga Diri

Spanyol dan Australia tak ingin malu di laga pamungkas.

Liputan6.com, Jakarta - Spanyol tampil buruk di Piala Dunia 2014. Berstatus sebagai juara bertahan, La Furia Roja secara mengejutkan malah sudah dipastikan gagal lolos ke 16 besar akibat selalu kalah di dua laga awal.

Di laga pertama, Spanyol dipermak Belanda 1-5. Setelah itu Iker Casillas dan kawan-kawan takluk 0-2 kala bersua Chile. Dua kekalahan tersebut membuat Spanyol terpuruk di dasar klasemen Grup B. Pasukan Vicente Del Bosque kalah selisih gol dari Australia yang -3, sedangkan mereka -6.

Spanyol masih menyisakan satu laga lagi di Piala Dunia 2014. Pada Senin (23/6/2014) malam WIB, Spanyol akan berhadapan dengan Australia. Meski sudah tidak akan menghasilkan tiket ke 16 besar, laga tersebut wajib dimenangi Spanyol demi menjaga harga diri.

La Furia Roja tentu tidak mau tercatat dalam sejarah sebagai juara bertahan yang langsung tersingkir di putaran awal dengan rekor terburuk. Sepanjang sejarah Piala Dunia sudah ada empat juara bertahan yang langsung tumbang di putaran awal. Namun empat tim lainnya yakni Italia (1950 dan 2010), Brasil 1966 dan Prancis 2002 selalu bisa mendapatkan poin.

Del Bosque kemungkinan akan mengubah komposisi pemain saat bertemu Australia. Beberapa muka baru bakal dipercaya sebagai starter. Iker Casillas hampir pasti digusur karena tampil buruk di dua laga awal.

Casillas akan digantikan Jose Reina atau David De Gea. Di lini tengah, Koke hampir pasti jadi starter menggantikan Xavi Hernandez. Selain Koke, Juan Mata dan Santi Cazorla kemungkinan main sejak menit awal.

Seperti Spanyol, Australia juga tidak mau mengakhiri Piala Dunia dengan catatan selalu kalah. Sayangnya Australia tidak bisa turun dengan Tim Cahill. Pemain yang mencetak dua dari tiga gol Australia itu harus absen akibat skorsing.

Australia yang tiba di Brasil dengan peringkat FIFA terendah ingin membuktikan wakil Asia bukanlah lumbung gol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini