Sukses

Komdis FIFA Selidiki Fans Rasis di Laga Jerman vs Ghana

Dua orang fans Jerman merias wajah masing-masing dengan warna serba hitam dan mengenakan kaos yang mencantumkan nama lawan.

Liputan6.com, Jakarta - Oleh: Arief Permana

Komite Disiplin FIFA berjanji akan menginvestigasi suporter Jerman yang bertingkah rasis saat menyaksikan Jerman kontra Ghana di laga kedua grup G pada 21 Juni 2014 lalu di Estadio Castelao, Fortaleza.

Foto aksi rasis itu tersebar luas di media sosial. Dua orang tersebut merias wajah masing-masing dengan warna serba hitam dan mengenakan kaos yang mencantumkan nama lawan. Seorang juru bicara FIFA mengatakan, bukti-bukti aksi diskriminasi pendukung "Tim Panser" itu akan diserahkan ke Komdis FIFA.

Juru bicara dari FIFA menegaskan, pihaknya tidak ada toleransi bagi pelaku rasisme. "Kami selalu mempertimbangkan bukti atau masukan Komite Disiplin. Kemudian Komdis yang akan mengambil tindakan," kata juru bicara FIFA sebagaimana dikutip The Guardian.

"Apapun alasan atas tindakan rasis itu, mereka (Komdis) FIFA akan memprosesnya. Dan semua keputusan ada di tangan Komdis," sambung juru bicara itu.

Baru-baru ini, jaringan anti-diskriminasi dan rasisme, Eropa Fare telah mengadu ke FIFA terkait spanduk neo-Nazi yang dibentangkan di pertandingan yang melibatkan Rusia dan Kroasia. Terkait laporan tersebut, sang juru bicara menjamin, spanduk tidak pantas itu tidak akan terlihat dalam pertandingan Piala Dunia. Bila pelaku pemasang spanduk, FIFA akan langsung menindak tegas.

"Jika ada sesuatu yang tidak terlihat dan seseorang memiliki gambar itu, bukti itu akan kami serahkan ke Komdis Kami jelas tidak akan memberi toleransi atas segala bentuk diskriminasi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini