Sukses

Presiden FIFA Bicara Soal Vonis Luis Suarez

Sepp Blatter menyebut hukuman yang diberikan kepada Suarez adalah keputusan independen FIFA

Liputan6.com, Zurich: Presiden FIFA, Sepp Blatter, enggan mengomentari hukuman yang diterima bintang Uruguay, Luis Suarez. Namun, Blatter menilai tindakan Suarez tidak bisa diterima dan bertentangan dengan aturan fair play.

"Saya berjuang untuk fair play baik di lapangan maupun di luar lapangan, dan itu tidak adil dengan apa yang telah dilakukannya. Ini jelas tidak adil," kata Blatter, seperti dilansir Soccerway, Sabtu (28/6/2014).

Tapi, Blatter tak mau mengomentari soal hukuman yang dijatuhkan FIFA. "Ini tidak sampai ke saya untuk membuat komentar itu," katanya. "Saya tidak bisa mengatakan apakah itu terlalu banyak atau terlalu sedikit. Ini adalah keputusan independen di FIFA."

Seperti diketahui, Suarez dijatuhi larangan internasional sembilan pertandingan dan suspensi empat bulan dari semua aktivitas yang berhubungan dengan sepak bola. Hukuman ini diberikan setelah Suarez menggigit bek Italia Giorgio Chiellini di Piala Dunia FIFA.

Komite Kedisiplinan FIFA telah memutuskan: sang pemain telah melanggar Pasal 48 ayat 1d dari Kode Displin FIFA (FDC) (penyerangan), dan Pasal 57 dari FDC (tindakan tidak sportif terhadap pemain lain).

"Sikap seperti ini tak bisa dimaafkan di lapangan sepakbola manapun, dan khususnya tidak di Piala Dunia FIFA di mana mata jutaan orang mengarah pada bintang-bintang di lapangan," kata Claudio Siser, pemimpin Komite Disiplin FIFA, belum lama ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.