Sukses

Pele: Suarez Pantas Dihukum !

Luis Suarez dihukum tak boleh berkecimpung dalam dunia sepak bola selama empat bulan menyusul aksinya menggigit bahu Giorgio Chiellini.

Liputan6.com, Sao Paulo - Legenda sepak bola Brasil, Edison Arantes do Nascimento atau yang akrab disapa Pele mendukung penuh keputusan FIFA menghukum Luis Suarez. Pemain kebangsaan Uruguay itu dilarang berkecimpung dalam dunia sepak bola selama empat bulan karena aksinya menggigit bahu bek Italia, Giorgio Chiellini.

Hukuman yang diterima Suarez tak hanya satu macam. Pemain berusia 27 tahun itu juga dilarang bermain dalam sembilan pertandingan resmi. Ia bahkan harus membayar denda sebesar 100 ribu franc Swiss atau sekitar Rp 1,4 miliar.



"Ini sesuatu yang tak pernah terjadi sebelumnya. Seseorang bereaksi buruk ketika sesuatu menimpa mereka. Tapi biasanya, mereka melakukan tandukan, menyikut, atau menendang pemain saat merebut bola," ucap Pele yang dikutip dari Soccerway.

"Menggigit lawan, adalah kasus yang pertama kali terjadi di Piala Dunia. Saya pikir keputusan FIFA sangat bagus dan tepat. Mereka harus memberikan contoh. Jika mereka tidak memberikan contoh dari awal, hal ini (kasus gigitan) bisa saja dilakukan pemain lainnya. Ini tak boleh dilakukan oleh siapapun," tegasnya.

Selain Chiellini, ada dua pemain lainnya yang pernah merasakan gigitan Suarez. Keduanya adalah mantan gelandang PSV Eindhoven, Otman Bakkal dan bek sayap Chelsea, Branislav Ivanovic.

Kasus gigitan Suarez terhadap Bakkal terjadi pada November 2010 lalu. Saat itu Suarez masih memperkuat klub asal Belanda, Ajax Amsterdam. Lalu pada April 2013, giliran Ivanovic yang jadi korban dan kejadian itu terjadi saat Liverpool berhadapan dengan Chelsea di Anfield Stadium. (Van)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.