Sukses

Tiru De Jong, Huntelaar Lakukan Tendangan Kungfu di Lapangan

Aksi Huntelaar dilakukannya setelah ia mencetak gol ke gawang Meksiko.

Liputan6.com, Fortaleza - Oleh: Adam Faisal

Klaas-Jan Huntelaar menjadi pahlawan Belanda saat babak 16 besar Piala Dunia. Menghadapi Meksiko di Stadion Governador Plácido Aderaldo Castelo, Minggu (29/6/2014) malam WIB, Belanda memastikan kemenangannya lewat gol Huntelaar di menit 90+4.

Pemain berusia 30 tahun itu menjebol gawang Meksiko lewat titik penalti. Bola yang ditendangnya mengarah ke pojok kanan gawang. Sementara kiper Meksiko, Guillermo Ochoa terbang ke arah sebaliknya.

Saat selebrasi, Huntelaar melakukan gaya yang unik. Ia berlari kemudian melompat dan mengarahkan tendangan ala kungfu ke bendera yang ada di sudut lapangan. Aksinya tersebut mengingatkan khalayak terhadap tendangan kungfu rekannya, Nigel De Jong di Piala Dunia 2010 lalu.

Not a red: Howard Webb saw this challenge from De Jong on Alonso but only showed a yellow card


Ketika itu tendangan De Jong mengarah ke dada gelandang Spanyol, Xabi Alonso. Akibat aksi kasarnya, De Jong dihadiahi kartu kuning oleh Howard Webb yang bertindak sebagai wasit di laga Belanda kontra Spanyol. Sekadar mengingatkan, pertemuan dua negara tersebut terjadi pada final Piala Dunia Afrika Selatan.

Aksi serupa juga pernah dilakukan pelatih Belanda, Louis Van Gaal. Pada 1995 lalu, Van Gaal melakukan aksi tersebut dari pinggir lapangan. Hal itu dilakukannya untuk menyindir bek AC Milan, Marcel Desailly yang mengangkat kakinya terlalu tinggi saat melawan Ajax Amsterdam di final Liga Champions. (Van)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.