Sukses

FIFA Izinkan Suarez Gabung Barcelona

Komdis FIFA menegaskan sanksi untuk Suarez tak berhubungan dengan hak transfer.

Liputan6.com, Nyon: Komite Disiplin FIFA mengizinkan Luis Suarez untuk gabung Barcelona, meski masih dalam status dikenai sanksi usai gigit Giorgio Chiellini. Suarez sudah dilarang terlibat aktifitas sepak bola selama 4 bulan dan 9 laga internasional bersama Uruguay.

Federasi Sepak Bola Uruguay (AUF) sudah mengajukan banding atas nama Suarez. Sedangkan Suarez sudah meminta maaf secara publik atas aksinya. Liverpool sendiri sejauh ini masih bernegoisasi dengan Barcelona terkait transfer Suarez.

Ketua Komdis FIFA, Claudio Sulser menegaskan jika Suarez akan diizinkan untuk melakoni tes medis jelang transfer, meski Suarez harus masuk stadion, sesuatu yang dilarang di hukuman Suarez.

"Dia memang tak boleh beraktifitas dengan sesuatu yang berhubungan sepak bola, tapi tes medis untuk transfer, ya, sanksi tak berkaitan dengan hak transfer pemain," ujar Sulser seperti dikutip Soccernet.

Liverpool sendiri masih mempermasalahkan sanksi empat bulan yang diterima Suarez. Sulser membantah jika sanksi tersebut rusak Liverpool. "Itu opin Anda. Ini sanksi kepada pemain. Itulah resiko ketika Anda disanksi di Piala Dunia. Saya paham ini menyulitkan Liverpool, tapi sanksi ini masih terkait regulasi disiplin," terangnya.

"Ini bukan contoh hukuman, tapi sanksi ini untuk keadilan. Kasus ini masih berjalan dan AUF sudah ajukan banding, jadi saya tak akan kasih opini. Kami tak bermaksud memberi contoh hukuman, tapi hanya memberi sanksi adil untuk kasus berat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.