Sukses

Pelatih Timnas U-23 Indonesia Unggulkan Belanda

"Van Persie dan Arjen Robben tetap bakal jadi kunci permainan," ucap Aji.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih timnas Indonesia U-23, Aji Santoso memprediksi Belanda bakal lolos ke babak semifinal. Hal itu diyakininya jika pelatih Belanda, Louis van Gaal tidak memainkan strategi yang aneh.

Tim Oranye (sebutan Belanda) bakal menghadapi Kosta Rika di Arena Fonte Nova, Salvador, Minggu (6/7/2014) dinihari WIB pada babak perempat final Piala Dunia 2014.

Menurut Aji, Belanda lebih diunggulkan. Sebab, Robin van Persie dan kawan-kawan memiliki kualitas individu dan gaya bermain yang lebih unggul dari Kosta Rika.

"Sejauh ini, Belanda cukup stabil bermainnya. Belanda akan tetap menyerang karena itu filosofi mereka dan mereka selalu menunjukkannya di setiap pertandingan. Van Persie dan Arjen Robben tetap bakal jadi kunci permainan," ucap Aji.

Juru taktik asal Malang, Jawa Timur itu berharap, Van Gaal tidak mengubah taktik secara ekstrem. Yang Aji maksud adalah memainkan Robben sebagai penyerang tengah.

"Kalau Robben dipasang sebagai striker tengah kurang efektif, seperti ketika di babak 16 besar. Lebih bagus kalau dia main di sayap kanan, karakter Robben lebih keluar. Belanda dan Robben bisa berbahaya kalau dia main di kanan," dia memberikan penjelasan.

Selain hal tersebut, Aji mengatakan, Tim Oranye yang tampil di final Piala Dunia 2010 memiliki mental yang lebih baik dari Kosta Rika.

"Permainan individu Belanda, organisasi tim, taktik pelatihnya bikin mereka greget. Mental akan menentukan, dan Belanda sudah memperlihatkan mental mereka baik selama di Piala Dunia 2014," tutup ahli formasi berusia 44 tahun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.