Sukses

Makassar Siap Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Baseball

Waktu pelaksanan ditetapkan di bulan September dan mengambil lokasi di kawasan Tanah Tumbuh.

Liputan6.com, Makassar - Kejuaraan dunia Baseball dan Softball tingkat ASEAN siap di gelar oleh Perserikatan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Sulsel usai pelaksanaan Idul Fitri 1435 Hijriah, 4-6 September 2014.

Ketua Perbasasi Sulsel, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengatakan kejuaraan Baseball dan Softball ini merupakan turnamen yang pertama kali di selenggarakan oleh Pemkot Makassar.

"Ini kejuaraan pertama kita selenggarakan dan kami rencanakan laksanakan awal bulan September. Setelah lebaranlah," kata Wali Kota Makassar ini, Kamis, 10 Juli.

Penetapan waktu penyelenggaraan kejuaraan Baseball dan Softball tingkat internasional, ditetapkan setelah President Of Softball Confederation Asia melakukan pertemuan dengan pihak Perbasasi Makassar.

Dari petemuan tersebut, waktu ditetapkan di bulan September dan mengambil lokasi di kawasan Tanah Tumbuh atau tepatnya di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar dan Lapangan Karebosi Makassar.

"Ada dua tempat yang kami ancang-ancang, di kawasan CPI Pantai Losari dan di Lapangan Karebosi. Kami akan lakukan promosi di seluruh wilayah di pulau Sulawesi," ujar Mohammad Ramdhan Pomanto yang akrab disapa Danny.

Danny yang juga pernah menjadi atlet softball dan telah berkeliling kebeberapa negara, menyatakan jika lapangan di atas tanah tumbuh CPI diyakininya menjadi lapangan terbaik di dunia.

Alasannya, karena lapangan itu terletak di sekitar anjungan Pantai Losari yang menjadi ikon kota dijuluki sebagai "Anging Mammiri" tersebut.

Bukan cuma itu, lapangan itu juga dikelilingi oleh lautan sehingga dia menyebutnya lapangan terbaik dan terindah.

Diambilnya kota Makassar sebagai tuan rumah pada event bertajuk "ASEAN Softball and Confederation" itu disebutnya tidak lain hanya semata-mata ingin menumbuhkan olaharaga yang kurang diganrungi ini oleh masyarakat Sulsel.

Kesiapan Sulsel menjadi penyelenggara pun telah disiapkan baik pada pengadaan lampu, lapangan dan lainnya. Bahkan selain dua lokasi yang diapkan, pihak Perbasasi Sulsel juga telah menyiapkan sejumlah lokasi pelaksanaan.

Informasi yang didapatkan, terdapat enam negara yang akan mengikuti kejuaraan tersebut, yakni, Indonesia, Singapura, Brunai Darussalam, Thailand, Malaysia dan Philipina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.