Sukses

Sergio Romero, Pahlawan Argentina Saat Lawan Belanda

Romero dengan gemilang menepis tendangan Ron Vlaar dan Wesley Sneijder saat adu penalti.

Liputan6.com, Sao Paulo - Oleh: Pandu Febrianto

Sergio Romero menjadi pahlawan Argentina saat tim Tango itu mengalahkan Belanda melalui drama adu penalti. Kemenangan itu pun membawa Argentina ke babak final dan akan menantang Jerman di partai puncak itu.

Babak adu penalti dilakukan setelah Argentina dan Belanda bermain 0-0 selama 120 menit dalam pertandingan yang digelar di Arena de Sao Paulo, Kamis (10/7/2014) dinihari WIB.

Saat adu penalti, Belanda mendapat giliran pertama menendang bola. Pelatih Louis van Gaal mempercayakan Ron Vlaar sebagai eksekutor pertama.

Romero pun dengan gemilang memblok tendangan Vlaar. Kiper berusia 27 tahun itu kembali tampil gemilang saat memblok tendangan Wesley Sneijder.
Di kubu Argentina, empat algojonya sukses menjebol gawang Belanda. Argentina pun akhirnya memastikan tiket ke final setelah menang 4-2 di babak adu penalti.

Belum banyak yang mengetahui kiprah Romero. Dia dipilih menjadi kiper utama Albiceleste saat Alejandro Sabella mulai menukangi Argentina.

Romero ternyata pernah menjadi andalan Van Gaal saat keduanya masih membela klub Belanda, AZ Alkmaar. Duet keduanya pun mampu membawa AZ Alkmaar merajai Eridivisie pada musim 2008-2009.

Selain itu Romero juga pernah membawa Argentina meraih medali emas pada Olimpiade 2008 di Beijing. Saat itu, Lionel Messi juga masuk dalam skuat. Dia juga pernah membela Argentina untuk Piala Dunia U-20 pada 2007.

Empat tahun membela AZ, Romero pun kemudian pindah ke klub Serie A Italia, Sampdoria. Namun, pada musim lalu, Sampdoria meminjamkan Romero ke klub Prancis, AS Monaco.

Di Piala Dunia 2014, Romero kembali menjadi andalan untuk mengawal gawang Argentina. Dari enam pertandingan, Romero sudah kebobolan empat kali.

Baca Juga:
Jerman Vs Argentina, Partai Ulang Final Piala Dunia 1990
8 Fakta Menarik Setelah Argentina Kandaskan Belanda
Ini Rahasia Romero Gagalkan Dua Penalti Belanda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.