Sukses

Tim Amerika Serikat Ramaikan Turnamen Basket ABM

Sebanyak tujuh tim akan menghadapi para pebasket dari negeri Paman Sam.

Liputan6.com, Makassar - Turnamen basket Academy Basketball Makassar (ABM) yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Sudiang, Makassar, 13-16 Juli mendatang akan diramaikan oleh tim asal Amerika Serikat. Nantinya tim basket dari negeri Paman Sam tersebut akan diperkuat oleh gabungan pelatih dan pemain International Basketball Training Academy (IBTA) seperti Mark Miller, Steve, Troy, Nick dan Lucas alias Luke.

Tim Amerika tersebut dijadwalkan menghadapi Rajawali, Dreya Indonesia, Flying Wheel, Bawakaraeng, Porda Makassar, Sahabat dan Old School. Namun sebelumnya laga pembuka akan mempertemukan antara All Star Makassar melawan Flyng Wheel All Star.

Joshua Lanford yang terlibat sebagai pelatih di turnamen ABM ini mengatakan bahwa ia sangat antusias bisa bekerja sama dengan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Makassar dan Sulawesi Selatan. "Ini juga menjadi program Perbasi untuk mengembangkan dan meningkatkan basket di Sulsel. Sehingga diturnamen nanti tim-tim Makassar akan berupaya mengalahkan tim USA. Kita lihat siapa yang paling tangguh," katanya, Kamis (10/7/2014).

"Saya sangat peduli dengan basket di Sulsel, karena saya melihat disini punya potensi tapi tidak berkembang karena pembinaan tidak berjalan," terangnya.

Menurutnya, pembinaan olahraga basket di Makassar perlu ditingkatkan lagi. Ia berharap pembinaan basket sudah dimulai sejak anak-anak duduk di bangku sekolah menengah pertama.

"Kalau di Makassar, basket baru mulai dikenal sama anak-anak tingkat SMP. Tapi tetap kurang diminati karena lapangan saja susah di Makassar," ungkapnya.

Kegiatan ini tak hanya dilakukan IBTA di Indonesia. Tiongkok, Thailand, Kosovo dan Bhutan juga menjadi tujuan IBTA untuk membuka cabangnya. (Van)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini