Sukses

Luis Suarez, Peraih Golden Boot ke-5 yang Bergabung Barcelona

Nilai transfer Suarez diperkirakan mencapai 75 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,48 triliun.

Liputan6.com, Barcelona - Luis Suarez akhirnya resmi bergabung dengan raksasa Spanyol, Barcelona. Transfer bintang Liverpool itu dikabarkan akan segera selesai pada pekan depan.

Nilai transfer Suarez diperkirakan mencapai 75 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,48 triliun. Suarez akan dikontrak selama lima tahun oleh Barcelona.

Kehadiran Suarez di Camp Nou melengkapi deretan striker tajam Eropa yang bergabung ke El Barca. Suarez adalah pemain kelima yang bergabung ke Barca setelah sebelumnya menjadi pemain tersubur di Eropa.

Musim lalu saat membela Liverpool, Suarez mencetak 31 gol. Raihan ini menyamai gol yang dicetak Cristiano Ronaldo bersama Real Madrid.

Peraih Golden Boot pertama yang bergabung ke Barca adalah Hans Krankl. Dia memutuskan meninggalkan Rapid Vienna menuju Barcelona pada 1978. Pada musim 1977/78, Krankl meraih Golden Boot dengan mencetak 41 gol.

Krankl pun sempat menjadi pemain terbaik di Eropa pada Desember 1978. Pada musim perdananya di Barca, Krankl mencetak 29 gol dan menjadi top skor di La Liga. Krankl pun menjadi pemain tersubur ketiga di Eropa.

Sembilan tahun kemudian, pada Juli 1990, Barcelona kembali mendatangkan pemain tersubur di Eropa, Hristo Stoichkov. Pemain berkebangsaan Bulgaria itu mencetak 38 gol saat membela ASCA Sofia di musim sebelumnya.

Stoichkov pun menjadi pemain penting Barca di bawah asuhan Johan Cruyff saat itu. Pada 1994, Stoichkov menjadi terpilih meraih Ballon d`Or.

Pada 2004, Barca mendatangkan Henrik Larsson dari Glasgow Celtics. Larsson mencetak 35 gol saat membela Celtics pada 2001. Bersama Barca, Larsson mampu membantu meraih dua gelar La Liga berturut-turut, 2004/05 dan 2005/06.

Peraih Golden Boot terakhir yang didatangkan Barca sebelum Suarez, adalah Thierry Henry. Dia didatangkan dari Arsenal. Pemain Prancis itu bergabung ke Barca setelah dua kali meraih Sepatu Emas pada 2004 (30 gol) dan 2005 (25 gol).

Bersama Barca yang dilatih Frank Rijkaard, Henry mencetak 19 gol di musim pertamanya. Dia pun ikut bermain saat Barcelona membantai Real Madrid di Santiago Bernabeu, dan pada akhirnya meraih treble winner yakni La Liga, Piala Spanyol, dan Liga Champions.

Kini mampukah Suarez bersaing di Barcelona. Apalagi saat ini, Barcelona masih diisi pemain-pemain hebat seperti Lionel Messi dan Neymar.

Baca Juga:
Nyaris Lumpuh, Neymar Maafkan Zuniga
Neymar kepada Messi: Tolong Hancurkan Jerman!
Bintang Porno ini Ingin jadi Suster Pribadi Neymar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.
    Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.

    Luis Suarez

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Bursa Transfer Pemain