Sukses

LIMA Kembali Gelar Kejuaraan Renang Antar Mahasiswa

Ada 26 nomor untuk putra dan putri yang dipertandingkan mulai 13 September 2014

Liputan6.com, Jakarta: Liga Mahasiswa (LIMA) kembali menggelar kompetisi renang antar mahasiswa dengan tajuk LIMA Swimming 2014. Kejuaraan ini rencananya akan dihelat pada 13 September 2014 dan mengambil tempat di kolam renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Meski baru akan digelar September nanti, pendaftaran untuk para peserta sudah dibuka sejak awal Juli dan ditutup pada 5 September 2014. Adapun biaya pendaftaran pertim sebesar Rp 100 ribu.

Pada musim kedua ini, LIMA Swimming mempertandingkan 26 nomor putra dan putri yang terdiri dari gaya bebas, punggung, kupu-kupu, dan dada yang masing-masing jarak 50m, 100m, dan 200m. Tiga nomor lainnya berasal dari gaya ganti perorangan 200m, dan dua nomor beregu yakni gaya bebas estafet dan gaya ganti estafet 4X100m untuk putra dan putri.

Event ini sendiri memperebutkan hadiah total Rp 20 juta serta gelar juara nasional. Juara pertama akan memperoleh hadiah trofi dan uang tunai Rp 5 juta, sementara juara 2 memperoleh trofi + uang tunai Rp 3 Juta, dan juara ketiga mendapatkan Rp 2 juta.

Selain itu akan ada penghargaan khusus kepada Best Swimmer dan All Academics Swimmer yang masing-masing memperoleh Rp 500 ribu.

Berbeda dengan cabang olahraga lain yang dipertandingkan di Liga Mahasiwa, LIMA Swimming tidak dibatasi oleh conference atau regional wilayah. Ditahun sebelumnya, LIMA Swimming diikuti oleh 10 Universitas dari seluruh Indonesia yang terdiri dari 29 tim putra dan 17 tim putri.

Juara kategori putra diperoleh tim renang putra Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan (STIKPPAS) sementara untuk kategori putri diraih Tim renang putri Universitas Negeri Jakarta.

"Kita berusaha melanjutkan apa yang telah kita mulai di tahun sebelumnya. Harapannya tim yang ikut kemarin bisa ikut lagi dan yang belum ikut serta bisa berpartisipasi di tahun ini," Chief Executive Officer (CEO) Liga Mahasiswa, Ryan Gozali.

Dipilihnya kolam renang UPI merupakan salah satu wujud komitmen LIMA untuk menyelenggarakan event ini lebih baik. Kolam renang UPI tercatat sebagai salah satu kolam renang terbaik di Indonesia dengan ukuran lintasan standard internasional.

"Yang pasti tahun ini kami jauh lebih siap untuk mengantisipasi bertambahnya peserta. Pokoknya, LIMA Swimming 2014 kali ini levelnya dibuat semakin tinggi dari sebelumnya," ujar Ryan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.