Sukses

Kandidat 3 Kiper Calon Peraih Golden Gloves Award 2014

ederasi Sepakbola Dunia akhirnya memilih tiga kandidat kiper terbaik Piala Dunia untuk memperebutkan Golden Gloves Award.

Liputan6.com, Jakarta - Oleh: Pandu Febrianto

Di Piala Dunia 2014 kita menyaksikan berbagai penyelamatan luar biasa dari kiper-kiper. Bahkan aksi mereka mampu membuat striker-striker kelas dunia frustasi.

Kita masih ingat aksi kiper Meksiko Guilermo Ochoa ketika menahan tandukan Neymar. Selain itu, kiper Amerika Serikat Tim Howard membuat 16 penyelamatan gemilang saat timnya bertemu Belgia di perempat final.

Namun sayang, keduanya tidak masuk daftar nominasi kiper terbaik turnamen sepakbola terbesar musim panas kali ini. Federasi Sepakbola Dunia akhirnya memilih tiga kandidat kiper terbaik Piala Dunia untuk memperebutkan Golden Gloves Award. Mereka adalah Keylor Navas, Sergio Romero, dan Manuel Neuer.

Berikut merupakan profil singkat dari ketiganya:

1. Keylor Navas

Penjaga gawang Levante ini bisa dibilang merupakan pemain terbaik Kosta Rika pada kompetisi kali ini. Dia membantu negara lolos ke perempat final untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Selama turnamen ini digelar, Navas telah melakukan 21 kali penyelamatan. Tak hanya itu, gawangnya pun baru tiga kali dijebol oleh penyerang-penyerang top dunia.

2. Manuel Neuer

Mantan punggawa Schalke ini telah memainkan seluruh laga bersama Die Mannschaft dengan membuat 26 kali penyelamatan dan 202 umpan akurat. Membuat tiga kali clean sheet setidaknya membuat Joachim Low tidak perlu khawatir dengan lini pertahananya.


Bersama Bayern Muenchen, Neuer telah meraih kesuksesan dengan menjuarai liga domestik, UEFA Champions League, dan Piala dunia antar klub. Kini Neuer mengincar gelar lebih tinggi lagi, Piala Dunia dan gelar penjaga gawang terbaik yang kini sudah ada di depan mata.

3. Sergio Romero

Menghalau tendangan Ron Vlaar dan Wesley Sneijder saat adu penalti berhasil membawa Albiceleste ke partai final setelah 24 tahun absen. Pemain AS Monaco telah membuat empat kali clean sheet dan 15 penyelamatan di Brasil 2014 sejauh ini.

Dibawa ke tim nasional oleh Diego Maradona, Romero selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar tim tango selama lima tahun ke belakang.

Baca Juga:
Kanoute Kutuk Serangan Israel ke Gaza
2 Model Seksi Ini Kecewa Brasil Tersingkir
Kekasih Messi dan Istri Romero Terlibat Cek-cok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini