Sukses

Jalan Mulus Jerman ke "Kuil Sepakbola" Dunia

Jerman memulai Piala Dunia dengan mengalahkan Portugal 4-0.

Liputan6.com, Jakarta - Jerman melangkah dengan mantap ke babak final Piala Dunia 2014. Di partai puncak, pasukan Joachim Low itu akan menantang Argentina.

Jerman dan Argentina akan bertarung di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Senin (14/7/2014) dinihari WIB. Ini merupakan final ketiga bagi kedua tim setelah Piala Dunia 1986 dan 1990. Tergabung di Grup G, Jerman harus bersaing dengan Portugal, Ghana, dan Amerika Serikat.

Di partai pertama pada 16 Juni di Salvador, Jerman dengan perkasa mengalahkan Portugal empat gol tanpa balas. Thomas Muller mencetak hat-trick pertamanya di Piala Dunia dan bek Mats Hummels menutup kemenangan Jerman menjadi 4-0.

Wasit harus mengeluarkan satu kartu merah dalam pertandingan ini. Bek Portugal, Pepe, dikeluarkan wasit setelah berseteru dengan Muller.

Pada pertandingan kedua yang digelar di Fortaleza pada 21 Juni, Jerman harus berbagi angka dengan Ghana 2-2. Sempat unggul 1-0 melalui gol Mario Gotze, Jerman langsung tertinggal 1-2 dari Ghana yang mencetak gol dari Andre Ayew dan Asamoah Gyan. 

Striker gaek, Miroslav Klose pun menjadi pahlawan Jerman saat mencetak gol di menit 71. Gol ini adalah gol ke-15 Muller di ajang Piala Dunia.

Jerman memastikan tiket ke 16 besar setelah di pertandingan terakhir Grup G mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 1-0. Bermain di Recife pada 26 Juni, Jerman unggul lewat gol tunggal Thomas Muller.

Di babak 16 besar, Jerman harus bersusah payah mengalahkan tim kejutan Aljazair. Setelah bermain 0-0 selama 90 menit, Jerman baru dapat membuka gol di menit 92 melalui Andre Schurlee.

Gol Mesut Ozil di menit 120 memastikan langkah Jerman ke perempat final. Gol Abdelmoumene Djabou tak mampu membuat Aljazair kembali mengalahkan Jerman. Kemenangan Jerman ini sekaligus sebagai ajang balas dendam Der Panzer yang tak pernah menang dari Aljazair.

Pada babak perempat final, Jerman bertemu juara dunia 1998, Prancis, di Rio de Janeiro pada 4 Juli. Tandukan Mats Hummels di menit 13 membawa Jerman melangkah ke babak semifinal.

Di babak empat besar, Jerman menantang tuan rumah Brasil di Belo Horizonte pada 8 Juli. Di luar dugaan, Jerman memporakporandakan Brasil dengan skor telak 7-1.  Thomas Muller, Toni Kroos (2 gol), Sami Khedira, Andre Schurlee (2), dan Miroslav Klose bergantian membobol gawang Brasil. Sedangkan satu gol hiburan Brasil dicetak Oscar.

Gol yang dicetak Klose itu pun membuat striker yang merumput di Lazio menjadi pemain tersubur dalam sejarah Piala Dunia. Klose tercatat sudah mencetak 16 gol, mengalahkan legenda Brasil, Ronaldo.

Selain itu, kemenangan ini juga sebagai ajang balas dendam Jerman atas kekalahan dari Brasil pada final Piala Dunia 2002. Saat itu Jerman dikalahkan Brasil 0-2. Kini mampukah Jerman mengulangi sukses saat meraih gelar juara dunia pada Piala Dunia 1990? Saat itu, Jerman mengalahkan musuh yang sama, Argentina, di babak final.

Baca Juga:
Langkah Argentina Menuju Maracana
Barca Punya Cara Jitu Cegah Suarez Gigit Lawan Lagi
Gara-gara Kijang, Fans Cantik Belgia Gagal Jadi Bintang Iklan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.