Sukses

Adu Penalti "Senjata Rahasia" Jerman di Partai Krusial

Dalam 4 kali adu penalti yang dilakoni, Jerman belum pernah terkalahkan.

Liputan6.com, Sadar adu penalti bisa menjadi penentu kemenangan di partai final Piala Dunia kontra Argentina, pelatih Jerman, Joachim Loew mempersiapkan sesi latihan khusus tos-tosan di camp pemusatan latihan.

Dilansir dari Marca, mantan asisten Juergen Klinsmann itu menyiapkan 6 eksekutor penalti. Mereka berlatih setelah sesi latihan utama latihan utama digelar.

Andre Schuerrle, Philip Lahm, Bastian Schweinsteiger, Thomas Mueller, Toni Kroos dan Mesut Oezil dipersiapkan untuk menjadi eksekutor. Namun, dari enam algojo itu hanya tiga yang siap: Kroos, Oezil, dan Mueller.

Sepanjang gelaran Piala Dunia 2014, Jerman mulus melewati tahapan babak knock-out tanpa adu penalti. "Tim Panser" nyaris menutup pertandingan dengan adu penalti saat menghadapi Aljazair di babak 16 besar. Beruntung drama itu tidak terjadi setelah Mesut Oezil dan Andre Schuerrle masing-masing mencetak gol di babak extra-time.

Dalam sejarah Piala Dunia, drama adu penalti untuk menentukan gelar juara dunia baru dua kali terjadi di final Piala Dunia 1994 antara Brasil vs Italia dan Prancis vs Italia di partai puncak Piala Dunia 2006.

Dan Jerman menjadi tim yang "hoki" di adu penalti. Jerman selalu menang dalam 4 kali adu penalti. Tujuh belas dari 18 bola tendangan adu penalti mampu mencapai sasaran. Pelatih kiper Jerman, Andreas Koepke mengungkap rahasianya," Ini berkaitan erat dengan 'Nervenstaerke' (kekuatan mental)," kata mantan Kiper Timnas Jerman di era 1990-an itu.

"Dari 18 eksekutor, hanya satu yang gagal. Hal ini berkaitan erat dengan kekuatan mental dan kepercayaan diri yang kuat. Itu rahasia kami. Saat adu penalti terjadi, kami memiliki peluang bagus untuk menang," papar Koepke.

Pada perempat final Piala Dunia 2006, Jerman mengalahkan Argentina dengan skor 4-2 setelah bermain imbang 1-1. Tentu, catatan ini menjadi modal bagus buat Jerman saat menghadapi Argentina.

Berikut deretan kemenangan Jerman melalui adu penalti sepanjang sejarah Piala Dunia

1. Semifinal Piala Dunia 1982, Jerman mengalahkan Prancis dengan skor 5-4 setelah bermain imbang 3-3

2. Perempat final Piala Dunia 1986 Meksiko, Jerman mengalahkan Meksiko 4-1 setelah bermain imbang 0-0

3. Semi final Piala Dunia 1990, Jerman mengalahkan Inggris 4-3 setelah bermain imbang 1-1

4. Perempat final Piala Dunia 2006, Jerman mengalahkan Argentina 4-2 setelah bermain imbang 1-1

Baca Juga:
5 Faktor yang Membuat Argentina Bisa Mengalahkan Jerman
5 Alasan Jerman Bisa Menyabet Gelar Juara Dunia
Lima Pemain Berharga Lebih dari Rp 1 Triliun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.