Sukses

Mourinho Disebut Bakal Gantikan Posisi Scolari

Mourinho adalah pelatih yang sukses bersama beberapa klub elit Eropa.

Liputan6.com, Manajer Chelsea, Jose Mourinho disebut-sebut akan menjadi pelatih tim nasional Brasil. Kabar ini menguat usai banyak pihak yang menuntut pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari  mundur dari jabatannya.

Di ajang Piala Dunia 2014 ini, Brasil yang berstatus sebagai tuan rumah di luar dugaan tidak mampu lolos ke partai puncak usai tumbang 1-7 dari Jerman di semifinal lalu. Kekalahan tersebut adalah kekalahan terbesar Brasil sepanjang sejarah sepak bola mereka.

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/704992/original/germany.jpg

Masyarakat Brasil pun geram atas hasil ini. Kebanyakan dari mereka banyak yang kecewa bahkan mengamuk di luar stadion. Scolari sebenarnya sukses membawa Brasil menjuarai ajang Piala Dunia pada 2002 lalu. Sentuhan pertama Scolari setelah kembali melatih Brasil sangat menjanjikan, dia mengantarkan  Brasil merebut Piala Konfederasi tahun ini.

Akan tetapi ternyata Scolari seperti kehabisan akal. Pasalnya di Piala Dunia 2014 ini ia tetap memakai formasi yang ia gunakan pada Piala Konfederasi lalu.

"Mereka tetap fokus sepenuhnya pada keberhasilan di Piala Konfederasi. Mereka terus menggunakan formasi yang sama dan pemain yang sama. Ini menyebabkan setiap tim mempunyai waktu satu tahun untuk mencari cara bagaimana melawan Brasil," kata legenda Brasil, Zico seperti dikutip dari SkySports.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/705030/original/2014-07-08T224523Z_435837423_TB3EA781TUXO7_RTRMADP_3_BRAZIL-WORLDCUP.JPG

Di lain pihak, Mourinho adalah pelatih yang sukses bersama beberapa klub elit Eropa. Dia sukses membawa Porto menjuarai dua gelar Liga Portugal dan satu gelar Liga Champions 2003/2004.

Kesuksesannya juga berlanjut saat dia menukangi Chelsea. Ia berhasil membawa Chelsea menjuarai dua gelar Liga Premier, satu Piala FA, dan dua Piala Liga. Kepiawaian Mou diuji saat ia berlabuh ke tanah Italia bersama Inter Milan. Akan tetapi ternyata ia mampu memenangkan dua gelar Liga Italia, satu Copa Italia, dan satu Liga Champions 2009/2010 bersama Nerazurri.

Berkat kepiawaiannya, The Special One pun dipercaya klub kaya raya, Real Madrid di tahun 2010 hingga 2013 lalu. Mou pun langsung menjawabnya dengan gelar Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Seperti dilansir Metro (12/7), Federasi sepak bola Brasil (CBF) pun berniat menggunakan jasa pria berusia 51 tahun itu. Akan tetapi, apakah Mou berminat? Pasalnya ia belum pernah sekalipun melatih tim nasional selama karier kepelatihannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini