Sukses

Van Gaal Sempat Tak Yakin Bisa Kalahkan Brasil

Keberhasilan menghantam Brasil awalnya tidak diperkirakan pelatih Belanda Louis van Gaal.

Liputan6.com, Brasilia - Belanda sukses merebut gelar pelipura lara. De Oranje finis sebagai juara tiga Piala Dunia 2014 setelah menang tiga gol tanpa balas atas tuan rumah Brasil pada Minggu (13/7/2014) dinihari WIB.

Belanda memulai laga dengan sempurna. Laga baru berjalan tiga menit mereka sudah bisa unggul melalui eksekusi penalti Robin van Persie setelah Arjen Robben dilanggar.

Daley Blind menggandakan keunggulan Belanda di menit 16 usai menyambar bola halauan bek Brasil David Luiz. Giorginio Wijnaldum menutup pesta Belanda berkat golnya di menit 90.

Keberhasilan menghantam Brasil awalnya tidak diperkirakan pelatih Belanda Louis van Gaal. Eks arsitek Manchester United itu mengaku sempat pesimis bisa menang diperebutan tempat ketiga karena persiapan timnya kurang maksimal.

Belanda dilanda kelelahan setelah harus berjuang sampai adu penalti di babak semifinal melawan Argentina. Waktu persiapan Belanda juga lebih sedikit satu hari ketimbang Brasil.

"Ini sangat sulit bagi kami. Semua kemungkinan melawan kami. Brasil memiliki satu hari lebih banyak dalam persiapan dan kami kalah melalui adu penalti," kata Van Gaal kepada NOS.

Van Gaal pun bangga dengan anak asuhnya yang kembali mampu menunjukkan kualitas permainan menawan seperti di laga-laga sebelumnya.

"Kami bisa saja lolos ke final. Semangat kami turun setelah kalah dari Argentina. Saya hanya berbicara mengenai pertandingan melawan Brasil di team talk, bukan tentang Argentina. Untungnya kami dapat menunjukkan lagi seberapa baiknya kami," tutur Van Gaal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini