Sukses

13 Fakta Menarik Pasca Kemenangan Belanda atas Brasil

Oscar menjadi pemain pertama yang menerima kartu kuning akibat diving di Piala Dunia 2014.

Liputan6.com, Brasilia - Brasil kembali mengalami mimpi buruk. Tuan rumah Piala Dunia 2014 itu gagal menjadi juara tiga setelah dibantai Belanda tiga gol tanpa balas pada Minggu (13/7/2014) dinihari WIB.

Kekalahan ini sangat menyesakkan bagi Brasil. Pasalnya mereka ingin mencari gelar pelipur lara setelah dipermak Jerman 1-7 di babak semifinal.

Belanda memulai laga dengan sempurna. Laga baru berjalan tiga menit mereka sudah bisa unggul melalui eksekusi penalti Robin van Persie setelah Arjen Robben dilanggar.

Daley Blind menggandakan keunggulan Belanda di menit 16 usai menyambar bola halauan bek Brasil David Luiz. Giorginio Wijnaldum menutup pesta Belanda berkat golnya di menit 90.

Berikut fakta-fakta menarik setelah laga Belanda kontra Brasil seperti dilansir Opta dan Infostrada:

- Belanda memecahkan rekor dengan menjadi tim pertama sepanjang sejarah yang memainkan seluruh pemainnya atau 23 pemain dalam satu edisi Piala Dunia.

- Oscar menjadi pemain pertama yang menerima kartu kuning akibat diving di Piala Dunia 2014 atau sejak Gregory van Der Wiel pada tahun 2010.

- Brasil menjadi tim yang paling banyak menerima kartu kuning di Piala Dunia 2014 dengan total 13 kali atau unggul satu dari Kosta Rika. Kapten brasil Thiago Silva menjadi penyumbang terbanyak dengan tiga kartu kuning.

- Belanda merupakan tim kedua di Piala Dunia 2014 yang memberikan kesempatan kepada ketiga kipernya untuk tampil. Portugal lebih dulu melakukannya.

- Jasper Cillessen menjadi kiper pertama yang diganti dua kali sepanjang sejarah Piala Dunia.

- Di Piala Dunia 2014, Brasil total kebobolan 14 gol. Tidak ada tim yang kebobolan lebih banyak gol ketimbang Brasil di ajang empat tahunan itu sejak Belgia (15 gol) di tahun 1986.

- Gol penalti Van Persie di menit ketiga menjadi gol ke-100 ke gawang brasil sepanjang sejarah Piala Dunia dna menjadi salah satu yang tercepat. Pemain Denmark Martin Jorgensen pernah menjebol gawang Brasil di menit kedua pada Piala Dunia 1998.

- Sebelum Piala Dunia 2014 dimulai Brasil hanya sekali kalah dengan selisih tiga gol. Sekarang Brasil dua kali takluk dengan margin tiga gol dalam kurun empat hari.

- Untuk pertama kalinya Belanda berhasil mengakhiri penampilan di Piala Dunia dengan kemenangan. Sebelumnya Belanda selalu kalah di laga terakhir di ajang empat tahunan itu. Sayangnya De Oranje tidak menjadi juara.

- Belanda mengakhiri Piala Dunia 2014 dengan tidak terkalahkan. Mereka lima kali menang dan dua kali seri (pertandingan yang ditentukan dengan adu penalti tercatat sebagai hasil imbang). Baru kali ini Belanda mengakhiri Piala Dunia dengan tak menelan kekalahan.

- Brasil tidak pernah kalah pada laga resmi di kandang sejak 1975. Kini mereka kalah dua kali di kandang dalam kurun waktu empat hari saja.

- Brasil belum pernah merasakan dua kekalahan beruntun di kandang sejak 1940. Ketika itu mereka kalah dari  Argentina (3-0) dan Uruguay (4-3).

- Dengan terciptanya tiga gol di laga Belanda kontra Brasil maka total sudah 170 gol terjadi di Piala Dunia 2014. Rekor gol terbanyak dalam satu Piala Dunia yang terjadi tahun 1998 dengan 171 gol kemungkinan besar akan pecah karena Piala Dunia 2014 masih menyisakan laga final antara Jerman melawan Argentina.

Baca Juga:
Permalukan Brasil, Belanda Rebut Tempat Ketiga Piala Dunia
Finis di Posisi Ketiga, Belanda Cetak Rekor Baru
Gara-gara Kijang, Fans Cantik Belgia Gagal Jadi Bintang Iklan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.