Sukses

5 Final Bersejarah Piala Dunia: Tragedi Maracanazo Sampai Pele

Akankah pertandingan pertemuan Jerman dan Argentina ini dikenang sebagai final terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia?

Liputan6.com, Oleh: Diaz Abraham

Jerman dan Argentina akan melakoni partai puncak di Stadion Maracana, Minggu (14/7/2014) atau Senin dinihari WIB. Ini laga ulangan Piala Dunia 1986 dan 1990. Kedua kubu masing-masing berbagi satu kemenangan.  Akankah pertandingan pertemuan dua kekuatan raksasa Eropa dan Amerika Latin  ini dikenang sebagai final terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia?

Kilas balik ke belakang, setidaknya terdapat final yang menarik yang sulit dilupakan sampai saat ini. Mulai dari final Piala Dunia 1950 sampai kemenangan besar Prancis saat menghadapi Brasil di partai puncak Piala Dunia 1998.  Berikut 5 laga puncak Piala Dunia yang dikenang hingga kini sebagaimana dilansir dari SBS Nation:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Final Piala Dunai 1950

1. Final Piala Dunai 1950: "The Maracanazo"

Brasil  ditantang Uruguay pada partai puncak Piala dunia di Stadion Maracana, Rio de Janiero. Dalam partai tersebut Brasil tumbang di hadapan publiknya sendiri dengan skor 1-2. Pertandingan yang di saksikan oleh sekitar 170.00 orang ini sangat mengecewakan. Pada saat itu Brasil merupakan tim favorit juara, sebelum mencapai babak final Brasil berhasil mengalahkan Swedia dan Spanyol 7-1 dan 6-1.

Brasil tampak berada di jalur yang benar ketika mereka berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol Friaca membobol gawang Brasil. Tetapi malapetaka datang ketika Juan Alberto Schiaffino menyamakan kedududkan di menit 66 disusul gol yang diciptakan Alcides Ghigga 11 menit setelahnya. 'Maracanazo' menjadi hal yang tak pernah dilupakan publik Brasil dan dunia.

3 dari 6 halaman

Final Piala Dunia 1958

2. Final Piala Dunia 1958: Pele menggebrak dunia

Delapan tahun setelah tragedi 'Maracanazo' Brasil bertolak ke Swedia melakoni pertandingan Piala Dunia dengan pemain yang belum cukup dewasa didalamnya. Edison Arantes do Nascimento atau Pele saat itu baru berusia 17 tahun, umur yang masih sangat muda bagi pemain yang masuk dalam skuad Piala Dunia. Tapi dalam usia yang muda tersebut, Pele berhasil membuktikan pada dunia, faktor usia tidak mempengaruhi mental bertanding. Justru sebaliknya,  Pele menjadi pahlawan Brasil selama turnamen.

Pele membobol gawang sebanyak enam kali dalam empat pertandingan. Nama Pele langsung melejit begitu mencetak gol ke gawang Swedia untuk membawa Brasil menang 5-2 sekaligus menjadi juara dunia untuk pertama sepanjang sejarah turnamen. Dalam partai pamungkas itu, Pele mengangkat bola melewati kepala pemain bertahan dan meliuk melewati kiper Kalle Svensson sebelum mencetak gol.

4 dari 6 halaman

Final Piala Dunia 1966

3. Final Piala Dunia 1966: Kemenangan Inggris diwarnai kontroversi

Pada final yang digelar di Stadion Wembley, tuan rumah Inggris berhasil mempecundangi musuh abadi, Jerman Barat dengan skor telak 4-2. Kemenangan ini terasa spesial dan terus dikenang sampai saat ini. Untuk pertama kali sepanjang sejarah,  The Three Lions sukses  menggondol trofi Piala Dunia. Namun pencapaian besar itu berbau kontroversi karena sang pemain bintang, Geoff Hurst yang menciptakan hattrick di pertandingan itu menciptakan gol kontroversi.

Gol ketiga Inggris menjadi sumber masalahnya. Bola tendangan Hurst dianggap masuk. Keputusan itu diambil wasit Gottfroied Dienst setelah berdiskusi dengan asisten wasit Tofiq Bahramov. Tapi dalam tayangan ulang terlihat, bola sebenarnya belum melewati garis gawang. Setelah pertandingan usai dan menyaksikan ulang tayangan  video, dua pengadil itu mengakui kesalahannya.

Sejak saat itu, Tim Negeri Ratu Elizabeth itu terkena  kutukan. Hampir empat dekade, negara yang mengklaim sebagai pencetuk sepakbola modern belum pernah lagi keluar sebagai juara dunia.

5 dari 6 halaman

Final Piala Dunia 1970

4. Final Piala Dunia 1970: Awal mula julukan "Jogo Bonito"

Pada tahun 1970 Brasil merupakan salah satu tim besar dalam sejarah Piala Dunia. Pemain-pemain top dunia bercokol dalam skuat tim impian Brasil seperti Carlos Alberto, Gerson, Tostao, Rivelion, Jairzinho dan tidak ketinggalan, Pele.

Brasil berhasil membobol gawang lawan sebanyak 19 kali dalam empat pertandingan di Meksiko, menyapu semua lawan dengan kombinasi permainan yang mengandalkan Kecepatan, gaya menyerang, serta skill yang dimiliki setiap pemainnya. Sejak saat itu, julukan "Jogo Bonito" melekat pada skuat Brasil. Pele mencetak empat gol dalam Piala Dunia terakhirnya, sementara Jiairzinho membuat sejarah menjadi pemain yang mampu mencetak gol dalam setiap putaran turnamen.

Pada babak Final yang digelar di Stadion Estadio Azteca di Mexico City,21 Juli 1970, Brasil berhasil menghempaskan perlawanan Italia dengan skor 4-1. Ini menjadi final pertama yang mempertemukan dua mantan juara dunia. Brasil pun menasbihkan diri menjadi tim tersukses sepanjang sejarah Piala Dunia melewati Italia dan  Uruguay. Mario Zagallo menjadi pemain dan pelatih yang sukses mengantarkan Brasil merebut Piala Dunia.

6 dari 6 halaman

Final Piala Dunia 1998

5. Final Piala Dunia 1998: Kekalahan Brasil dari Prancis

Stade de France menjadi saksi bisu tumbangnya juara bertahan Brasil--yang tampil sebagai juara di Piala Dunia 1994--Tampil sebagai tuan rumah, tim besutan Aime Jacquet itu memetik kemenangan telak 3-0. Zinedine Zidane menjadi bintang Tim Ayam Jantan lewat dua gol ke gawang  Claudio Taffarel.

Sinyal kemenangan Les Blues sebenarnya telah terlihat sejak babak penyisihan grup. Prancis  sukses mengalahkan kandidat juara Italia dan tim Kuda Hitam, Kroasia sebelum melangkah ke final.

Pertandingan juga diwarnai dengan kondisi Ronaldo yang  mengalami kejang. Awalnya Ronaldo tidak dilibatkan dalam tim tetapi 72 menit sebelum pertandingan dimulai staff pelatih mengumumkan bahwa Ronaldo siap tampil. Sampai saat ini, sakit misterius Ronaldo itu masih menjadi misteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini