Sukses

Argentina Siapkan Pesta Besar-besaran

Di Kota Buenos Aires juga disiapkan televisi berlayar ekstra lebar untuk fans Argentina.

Liputan6.com, Buenos Aires: Argentina sudah menyiapkan pesta besar-besaran dengan menutup jalan dan menyiapkan layar televisi berukuran raksasa di penjuru negeri, Minggu waktu setempat atau Senin (14/7/2014) dinihari  WIB. Mereka sangat berharap timnas Argentina berhasil meraih Piala Dunia untuk ketiga kalinya saat bertemu Jerman di final Piala Dunia 2014 di Maracana, Rio de Janeiro.

Seperti kebanyakan negara Amerika Latin, Argentina memperlakuan sepakbola layaknya agama. Tim nasional mereka tidak pernah sampai ke putaran final sejak Piala Dunia 1990, dan tidak pernah memenangkannya sejak 1986.

Partai final melawan Jerman merupakan pertandingan paling penting dalam sejarah negara penggila bola itu. "Dari takhayul, saya akan memakai kaos yang belum saya cuci sejak Piala Dunia dimulai, dan saya pakai sejak pertandingan pertama kami melawan Bosnia," kata Martin Gonzales, seorang insyinur berusia 35 tahun.

Plaza San Martin di Buenos Aires merupakan pusat pesta, dimana 50.000 orang berkumpul untuk menonton pertandingan semi-final lalu. Dan, diperkirakan lebih banyak orang datang untuk menonton final, walaupun hujan diprakirakan akan membasahi kota.

Jika Argentina menang, maka jutaan orang akan berkumpul di tempat ikonik Obelisk guna merayakannya, baik turun hujan ataupun tidak. Pihak kepolisian mengatakan, mereka akan mengirim polisi tambahan di monumen itu, jika Argentina menang.

Di Kota Buenos Aires juga disiapkan televisi berlayar ekstra lebar untuk fans Argentina, termasuk satu layar di Plaza San Martin berukuran 26 meter persegi, dan yang lainnya di Centenario Park berukuran 66 meter persegi.

Skuad Argentina diperkirakan akan kembali ke Buenos Aires pada Senin pagi untuk merayakan pesta besar-besaran, dan melakukan parade di pusat kota. Namun, mereka juga bisa mematahkan hati 400 juta pendukungnya yang kecewa bila kalah dari Jerman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.