Sukses

Pakai Jersey Putih, Jerman Juara?

Jerman dan Argentina meraih gelar juara saat mengenakan jersey utama mereka.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Timnas Jerman dipastikan akan mengenakan jersey utama mereka, putih hitam, saat melawan Argentina di partai final Piala Dunia 2014. Sedangkan Tim Tango harus mengalah dengan mengenakan jersey kedua mereka, biru gelap.

Partai puncak ini akan digelar di Stadio Maracana, Rio de Janeiro, Senin (14/7/2014) dini hari waktu Indonesia.

Ada catatan unik di balik pemakaian jersey ini. Kedua tim ternyata meraih gelar juara saat mengenakan kostum utama mereka. Hal ini berlaku saat kedua tim bertemu di final Piala Dunia 1986 dan 1990.

Pada saat Piala Dunia 1986, Argentina mendapat jatah untuk mengenakan jersey utama mereka, putih strip biru. Sedangkan Jerman mengenakan jersey warna hijau dan celana putih. Hasilnya, saat itu Argentina menang 3-2 dan menjadi juara dunia.

Empat tahun kemudian di final Piala Dunia 1990 Italia, giliran Jerman yang mengenakan kostum utama mereka, putih dan celana hitam. Sedangkan Argentina mengenakan jersey warna biru tua dan celana putih. Hasilnya? Jerman yang memenangi laga tersebut dengan skor 1-0. Jerman pun menjadi kampiun di Italia.

Tak hanya itu, Jerman, yang sudah tiga kali merebut gelar juara, selalu mengenakan jersey utama mereka saat merebut trofi Piala Dunia. Jerman meraih juara pada Piala Dunia 1954, 1974, 1990. Seluruh partai final itu dilakoni Jerman saat mengenakan jersey utama mereka.

Hanya sekali Jerman gagal meraih juara saat mengenakan kostum putih hitamnya itu. Yakni pada final Piala Dunia 1982. Saat itu mereka kalah 1-3 dari Italia. Pada Piala Dunia yang digelar di Spanyol itu, Jerman memakai kostum putih hitam. Sedangkan Italia juga memakai kostum utama mereka biru putih.

Keberuntungan jersey putih hitam itu juga tak berlaku bagi Jerman di Piala Dunia 2002. Pada partai final, Jerman yang mengenakan jersey utama mereka, harus menyerah 0-2 dari Brasil yang juga mengenakan jersey utama mereka, kuning-biru.

Sedangkan bagi Argentina, yang sudah dua kali merebut trofi Piala Dunia, selalu mengenakan jersey kebanggaan mereka, putih strip biru saat meraih gelar juara dunia di 1978 dan 1986.

Kini siapa yang lebih beruntung, Jerman atau Argentina? Kita tunggu saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.