Sukses

Jerman Patahkan Kutukan Tim Eropa di Amerika Latin

Jerman menorehkan sejarah menjadi tim Eropa yang memenangi Piala Dunia di Amerika Latin.

Liputan6.com,Rio de Janeiro: Jerman mencatat sejarah di Piala Dunia 2014 di Brasil.  Selain merengkuh Piala Dunia untuk keempat kalinya, tim berjuluk "Der Panzer" ini, menjadi negara Eropa pertama yang berhasil juara di tanah Amerika Latin.

Jerman berhasil keluar sebagai juara dunia usai mengalahkan Argentina 1-0 pada laga final Piala Dunia 2014 di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Senin (14/7/2014) dinihari WIB. Gol tunggal kemenangan Jerman dicetak Mario Gotze pada menit 113.

Sukses ini sekaligus mematahkan "kutukan" yang sudah berlangsung lama sepanjang gelaran Piala Dunia, yakni negara dari Amerika Latin akan jadi juara jika turnamen itu digelar di benua tersebut.

Selama ini tim dari Eropa sulit meraih prestasi tertinggi jika berlaga di putaran final Piala Dunia di benua Amerika. Dari 7 kali penyelenggaraan Piala Dunia di benua Amerika tidak sekali pun negara-negara Eropa menjadi yang terbaik, semua direbut oleh negara-negara Amerika Latin. Namun, jika diadakan di Eropa, umumnya juaranya adalah tim dari negara tersebut.

Pelatih Jerman, Joachim Loew, sebelumnya juga sudah optimistis skuadnya bisa menorehkan sejarah menjadi tim Eropa yang memenangi final Piala Dunia di Amerika Latin. "Ini dapat dianggap sebagai prestasi tambahan bagi kami jika menang," ujar Loew.

Jerman kini juga menjadi negara paling banyak sebagai juara dunia di bawah Brasil (lima kali). Jerman pun mengikuti langkah Italia dan Brasil saat meraih gelar ke-4. Tiga tim itu membutuhkan waktu yang sama, yakni 24 tahun untuk meraih titel ke-4 mereka.

Saat menjuarai Piala Dunia 1954 di Swiss, Jerman sama sekali bukan unggulan, namun mereka sukses menjadi tim terbaik. Franz Beckenbauer cs lalu merebut gelar juara dunia di kandang sendiri di Jerman pada 1974, sedangkan Lothar Matthaus cs menjuarai Piala Dunia Italia 1990.

Jerman juga empat kali runner-up pada Piala Dunia 1966, 1982, 1986 dan 2002, menempati posisi tiga pada Piala Dunia 1934, 1970, dan pada dua putaran final terakhir pada 2006 dan 2010.

Baca Juga:
Jerman Juara Piala Dunia 2014!
Juara Dunia di Brasil, Jerman Cetak Rekor Baru
Raih Gelar ke-4, Jerman Ikuti Jejak Italia dan Brasil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini