Sukses

Catatan Unik Peraih Sepatu Emas dan Bola Emas Piala Dunia 2014

Dalam delapan Piala Dunia terakhir, hanya ada satu peraih Sepatu Emas yang juga berhasil menjuarai turnamen empat tahunan itu.

Liputan6.com,Rio de Janeiro: Piala Dunia 2014 sudah selesai. Jerman berhasil mengukir sejarah dengan menjadi juara. Selain gelar juara, FIFA juga memberikan beberapa penghargaan individu kepada pemain yang bersinar di Brasil.

Meski gagal membawa Argentina menjadi juara karena kalah 0-1 dari Jerman di final, Lionel Messi terpilih sebagai peraih Bola Emas atau gelar Pemain Terbaik Piala Dunia 2014.

Yang menarik, memang jarang ada pemain yang membawa timnya menjadi juara bisa mendapat Bola Emas. Romario merupakan pemain terakhir yang bisa mengawinkan gelar juara Piala Dunia dengan Bola Emas. Romario melakukannya di tahun 1994.

Sedangkan Sepatu Emas menjadi milik pemain Kolombia James Rodriguez atas keberhasilannya memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2014. James mengoleksi enam gol atau unggul satu gol dari Thomas Muller (Jerman).

Hampir serupa seperti Bola Emas, penghargaan Sepatu Emas dalam beberapa edisi Piala Dunia terakhir juga jarang didapat pemain dari tim juara. Dalam delapan Piala Dunia terakhir, hanya ada satu peraih Sepatu Emas yang juga berhasil menjuarai turnamen empat tahunan itu yakni Ronaldo Luiz Nazario da Lima di tahun 2002.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.