Sukses

Philipp Lahm Ungkap Kunci Sukses Jerman

Kemenangan yang dicetak Jerman di Brasil merupakan sejarah terbaru yang dicatat dalam Piala Dunia 2014.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Oleh: Diaz Abraham

Kapten Jerman Philipp Lahm memuji sikap yang ditunjukan seluruh rekan setimnya selama perhelatan Piala Dunia 2014 Brasil. Sikap skuat Der Panzer itu pun berbuah hasil saat mereka berhasil meraih trofi Piala Dunia.

Lahm menilai, Pelatih Joachim Low telah membuktikan bahwa sepakbola bukanlah permainan individu. Melainkan permainan tim.

Hal ini terbukti, gol kemenangan Jerman berasal dari kerjasama dua pemain cadangan, Andre Schurlee dan Mario Gotze. Umpat Schurlee di menit 113 mampu dikonversikan Gotze menjadi gol ke gawang Argentina.

"Apakah kita memiliki seorang pemain yang paling menonjol atau apapun tak masalah, tetapi anda harus memiliki tim terbaik," kata Lahm.

"Kami meningkatkan kualitas dan terus terulang pada turnamen kali ini, tidak membiarkan diri terganggu oleh apapun, berjalan di satu tujuan, dan pada akhirnya anda berdiri sebagai juara dunia, perasaan yang luar biasa tetapi tim tetap tenang dan sabar," ujar pemain Bayern Muenchen itu.

Kemenangan yang dicetak Jerman di Brasil merupakan sejarah terbaru yang dicatat dalam Piala Dunia 2014. Sebab, belum pernah ada tim dari Benua Biru berjaya jika bermain di Benua Amerika.

Baca Juga:
Kemenangan Jerman Sudah Diatur FIFA?
3 Faktor Keberhasilan Jerman Juara Piala Dunia 2014
4 Penyebab Kegagalan Argentina di Final

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.