Sukses

PBSI Targetkan Pertahankan Dua Gelar di BWF World Championships

Indonesia memboyong dua gelar di BWF World Championships 2013 lewat Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 21 pebulu tangkis terbaik Indonesia lolos ke turnamen BWF World Championships 2014. Turnamen paling bergengsi ini akan dilangsungkan di Copenhagen, Denmark, 25–31 Agustus mendatang. Adapun nama-nama pemain yang berhak atas tiket kejuaraan dunia ditentukan dari daftar peringkat dunia per 24 April 2014 serta proses penyaringan lewat beberapa fase hingga 4 Juli lalu.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rexy Mainaky mengatakan Indonesia menargetkan untuk minimal bisa mempertahankan dua gelar juara dunia yang dicapai pada kejuaraan yang sama tahun lalu. Dalam ajang BWF World Championships 2013 di Guangzhou, China, Indonesia memboyong dua gelar lewat ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.



"Target kami mau mempertahankan gelar dari ganda putra dan ganda campuran. Tapi kami tidak mau hanya bertumpu kepada Hendra/Ahsan dan Tontowi/Liliyana saja, diharapkan pemain-pemain lain bisa membuat kejutan," ujar Rexy kepada Badmintonindonesia.org, Selasa (15/7/2014).

"Nomor lain diharapkan bisa meraih medali di kejuaraan dunia kali ini. Saya masih memiliki keyakinan di nomor ganda putri melalui pasangan Nitya (Krishinda Maheswari)/ Greysia (Polii). Begitu juga di tunggal putra, kalau Tommy (Sugiarto) penampilannya stabil, pasti bisa meraih medali," tambahnya.

Di nomor tunggal putra, hanya Tommy Sugiarto dan Sony Dwi Kuncoro yang dinyatakan lolos. Namun, Sony diinformasikan tidak ambil bagian dalam kejuaraan ini sehingga Ajay Jayaram (India) yang menempati posisi reserved 1 meraih tiket ke Copenhagen. Sementara Simon Santoso yang ada di posisi reserved 2 dapat mengikuti kejuaraan ini jika ada pemain lain yang mengundurkan diri.



"Sony sudah dipastikan tidak berangkat, jadi sementara hanya Tommy yang menjadi wakil tunggal putra. Kalau ada pemain yang mengundurkan diri, kemungkinan Simon bisa masuk," ucap Rexy.

Berikut daftar pemain Indonesia yang lolos ke BWF World Championships 2014 :

Tunggal Putra:
Tommy Sugiarto

Tunggal Putri:
Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty

Ganda Putra:
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Rian Agung Saputro, Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan, Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon

Ganda Putri:
Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii, Anggia Shitta Awanda/Della Destiara Haris, Pia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia Pradipta

Ganda Campuran:
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Riky Widianto/Richi Puspita Dili, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet, Marcus Fernaldi Gideon/Rizki Amelia Pradipta



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini