Sukses

Ini 13 Orang Yang Pilih Messi Jadi Terbaik di Piala Dunia

Dari laman FIFA, diketahui Messi hanya duduk di peringkat 11 pemain terbaik yang dinilai berdasarkan Castrol Index.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Lionel Messi sebagai pemain terbaik dunia menimbulkan kontroversi. Sejumlah pihak menilai Toni Kroos, Thomas Muller, atau James Rodriguez lebih pantas meraih Golden Ball Award.

Presiden FIFA Sepp Blatter pun terkejut dengan terpilihnya Messi. Sedangkan legenda sepakbola Argentina Diego Armando Maradona menganggap dipilihnya Messi untuk kepentingan marketing FIFA.

Dari laman FIFA, diketahui Messi hanya duduk di peringkat 11 pemain terbaik yang dinilai berdasarkan Castrol Index. Dia kalah bersaing dengan Toni Kross, Arjen Robben, dan bahkan Karim Benzema.
http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/708623/original/toni-kroos-vs-lionel-messi-ari-140715b.jpg
Dikutip dari Marca, pemilihan pemain terbaik kali ini berbeda dengan Piala Dunia sebelumnya. Pada Piala Dunia edisi sebelumnya, pemain terbaik ditentukan oleh 13 ahli yang tergabung dalam Technical Study Group of FIFA bersama dengan wartawan.

Kini, FIFA tak melibatkan wartawan untuk memilih pemain terbaik. Keputusan ini dilandasi karena pada Piala Dunia 2010, ada sejumlah wartawan yang melakukan lobi untuk memilih Diego Forlan sebagai pemain terbaik.

Kini, pemilihan hanya didasarkan penilaian dari 13 orang dari Technical Study Group of FIFA. Siapa saja mereka, ini dia 13 orang yang memilih Messi:

1. Gerard Houllier (Prancis)
2. Gines Melendez (Spanyol)
3. Gabriel Humberto Calderon (Argentina)
4. Raul Arias (Meksiko)
5. Ricki Herbert (Selandia Baru)
6. M Abdel Hussein (Sudan)
7. Kwok Ka Ming (Hong Kong)
8. Ion Lupescu (Romania)
9. Tsuneyasu Miyamoto (Japan)
10. Sunday Oliseh (Nigeria)
11. Mixu Paatelainen (Finlandia)
12. Jaime Rodríguez (El Salvador)
13. Theodore Whitmore (Jamaika)

Baca Juga:
3 Calon Kuat Pengganti Conte di Juventus
Conte Pergi Karena Vidal Akan Dijual ke MU?
Ini Penyebab Kegagalan Argentina Menurut Rihanna

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.