Sukses

5 Hal yang Buat Barcelona Bisa Langsung "Tancap Gas"

Pemain baru hingga tersingkirnya Spanyol di babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 disebut menjadi alasan Barcelona tampil meyakinkan.

Liputan6.com, Jakarta Membuka musim baru, raksasa Barcelona diprediksi banyak pihak mampu melampaui ekspektasi publik. Setelah melewati musim yang sulit periode 2013-14, El Barca mulai menunjukkan geliat untuk mengembalikan masa kejayaan seperti  rezim pelatih Josep Guardiola.

Pemain baru hingga tersingkirnya Spanyol di babak penyisihan grup Piala Dunia 2014 disebut menjadi alasan Barcelona tampil signifikan.

Berikut 5 alasan Barcelona mampu tampil meyakinkan di awal musim 2014-15 sebagaimana dilansir dari Bleacher Report:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kegagalan Spanyol di Piala Dunia untungkan Barcelona

1. Kegagalan Spanyol di Piala Dunia 2014 untungkan Barcelona

Siapa sangka di balik kegagalan Spanyol di Piala Dunia 2014 memberikan berkah sendiri buat Barcelona. Dari daftar pemain skuat Spanyol, 5 di antaranya: Gerrard Pique,  Jordi Alba,  Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan Pedro Rodriguez memiliki waktu istirihat lebih panjang.

Kondisi ini membantu memulihkan kondisi mereka lebih cepat. Jeda dua pekan membuat pemain tersebut bisa lebih santai sebelum menghadapi rangkaian persiapan pra-musim dan kompetisi selama satu musim.

Menurunnya performa Barcelona disebut tidak dapat dipisihkan dari  dua perhelatan: Piala Eropa 2012 dan Piala Konfederasi  2013. Dua gelaran tersebut menguras tenaga pemain Barcelona.

3 dari 6 halaman

Training-camp di tempat terpencil

2.  Rangkaian Tur Pramusim di tempat terpencil

Setelah menjalani rangkaian tur pramusim di Asia dan Amerika, Barcelona menuju Naples, Helsinki, Nice dan kemudian menuju Inggris untuk menggelar training-camp privat. Tim asuhan Luis Enrique itu akan menggelar latihan tertutup di Burton on Trent, Inggris.

Lokasi training-camp yang jauh dari pusat keramaian diharapkan mampu memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi skuat Blaugrana sebelum membuka musim kompetisi.

4 dari 6 halaman

Neymar-Suarez jadi harapan baru

3. Faktor Neymar dan Luis Suarez

Membuka musim panas ini, Barcelona membuat langkah mengejutkan merekrut striker kontroversial, Luis Suarez dari Liverpool dengan mahar mencapai Rp 1,4 triliun. Berlabuhnya El Pistolero membuat daya gedor Barcelona di barisan depan "mengerikan". Suarez bergabung dengan Neymar dan Lionel Messi.  Ini masih ditambah Pedro Rodriguez yang haus gol.

Materi skuat Barcelona tentu memudahkan sang pelatih Luis Enrique memiliki banyak pilihan variasi strategi di sektor depan.

5 dari 6 halaman

Gagasan cemerlang Luis Enrique

4. Ide-ide segar dari pelatih Luis Enrique

Dalam rentang lima tahun terakhir, Barcelona tampil digdaya saat ditangani pelatih muda. Itu terlihat saat pelatih Josep Guardiola menukangi Barcelona pada 2008 lalu. Tongkat estafet pelatih Barcelona kemudian jatuh ke tangan pelatih senior, Gerardo Martino.

Di bawah kendali Martino, Barcelona justru tidak mampu berbuat banyak. Gagal di Liga Champions dan La Liga. Kini, patut ditunggu "gebrakan" Enrique untuk membuat Barcelona melompat lebih tinggi di musim 2014-15.

6 dari 6 halaman

Beban Messi berkurang

5.  Beban Messi berkurang

Sukses mendatangkan Luis Suarez dan memiliki Neymar membuat beban Lionel Messi sebagai tumpuan di barisan depan mulai berkurang. Kerja berat yang dilakoni Messi  diyakini mulai membuat sang pemain rentan mengalami cedera.

Ayah Messi, Jorge Messi mengungkapkan, bila sang anak mengalami keletihan luar biasa. "Messi mengatakan, kakinya seperti menahan beban seberat 100kg. Dia sangat lelah," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi