Sukses

5 Hal yang Harus Dibenahi Van Gaal Musim Depan

Dalam kariernya Van Gaal terkenal suka mengorbitkan pemain muda.

Liputan6.com, Manchester: oleh Diaz Abraham Setelah menukangi Belanda di Piala Dunia 2014 Brasil, manajer baru Manchester United. Louis Van Gaal, segera bergabung bersama tim-nya untuk menghadapi tur pramusim di Amerika Serikat (AS).

Serangkaian uji coba telah dipersiapkan untuk memperbaiki MU yang musim lalu menunjukan penampilan mengecewakan sehingga mereka berada di posisi ketujuh Liga Premier.

Sektor mana yang harus diubah Van Gaal bagi United musim depan? berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Formasi

Ketika membawa Belanda menjadi juara ketiga Piala Dunia 2014, Van Gaal menggunakan formasi baru dengan tiga bek di belakang, setelah sebelumnya dia selalu mengandalkan formasi 4-3-3 ketika menukangi beberapa tim. Santer terdengar bahwa Van Gaal akan menggunakan tiga bek di belakang seperti Belanda. Namun, hal ini perlu dibuktikan ketika MU melakukan serangkaian uji coba di Amerika.

Jika MU jadi menggunakan tiga bek di belakang, ini akan menjadi hal menarik mengingat beberapa musim lalu mereka tidak pernah menggunakan formasi ini. Tapi, manajer berpengalaman sekelas Van Gaal diyakini mampu memberikan arahan kepada anak asuhnya sehingga bermain bagus dalam formasi tersebut.

Tapi, formasi ini bisa menjadi bumerang, karena banyak klub Liga Premier sering menyerang melalui kedua sayap. Jika hal itu terjadi bek MU diyakini akan kewalahan menahan setiap gempuran.

Dalam skuat MU, Van Gaal memiliki Luke Shaw dan Rafael di lini belakang, yang diyakini mampu beradaptasi dengan formasi ini, karena mereka adalah pemain dengan tipikal permainan cepat dan suka maju membantu penyerangan serta tak lupa menutup lubang yang ditinggalkan.



3 dari 6 halaman

Memberi Kesempatan pada Pemain Muda

Van Gaal adalah pelatih bertangan dingin, pria asal Belanda ini memiliki banyak jam terbang selama karier kepelatihannya. Dalam kariernya Van Gaal terkenal suka mengorbitkan pemain muda.

Ketika menjadi pelatih Ajax Amsterdam, dia mengorbitkan karier pemain-pemain bintang termasuk Clarence Seedorf, Patrick Kluivert dan Edgar Davids. Sedangkan pada mantra pertamanya di Barcelona, dia memberikan debut untuk Andres Iniesta dan dipelihara pengembangan pemain legendaris seperti Xavi.

Saat bersama MU, dia memiliki beberapa pemain muda yang musim lalu dipinjamkan ke beberapa klub, dan menunjukkan permainan menawan seperti Jesse Lingard, Tyler Blackett, Reece James, Michael dan Will Keane, serta kiper Sam Johnstone. Mereka terlihat dibawa van Gaal ke Amerika untuk dinilai kemampuannya.

MU dikenal sebagai klub yang sering mengorbitkan banyak bintang dan bersama Van Gaal United harus meneruskan tren tersebut.


4 dari 6 halaman

Menunjuk Seorang Kapten


Mantan kapten Nemanja Vidic telah memilih untuk bergabung bersama raksasa Italia Intermilan musim depan, serta wakil kaptennya Patrice Evra siap meninggalkan 'Setan Merah' dan bergabung bersama raksasa Italia lainnya, Juventus. Karena itu, Van Gaal harus memilih seseorang yang mampu menjadi sosok kapten bagi MU.

Robin Van Persie diyakini akan ditunjuk Gaal menjadi kapten, mengingat mereka telah bekerjasama ketika Piala Dunia 2014. Namun, ini sulit terjadi karena MU memiliki sosok Wayne Rooney yang pernah mengancam untuk hengkang dari kota Manchester. Rooney juga beberapa kali ditunjuk David Moyes, manajer MU musim lalu, menjadi kapten tim ketika Vidic serta Evra tak bisa dimainkan.

Tanggung jawab menjadi seorang kapten tim diyakini mampu mengontrol emosi Rooney dan meningkatkan etos kerjanya di lapangan. Rooney juga lebih vokal di lapangan ketimbang Van Persie.

5 dari 6 halaman

Kembalikan Kejayaan MU


Musim lalu dibawah asuhan David Moyes, MU menjalani musim buruk. Mereka harus rela terlempar dari zona Champions karena menduduki peringkat ketujuh klasemen liga. MU terpaut 22 poin dibawah tetangganya Manchester City sebagai kampiun liga, serta menelan 13 kekalahan di kandang.

Van Gaal harus mengembalikan kejayaan MU dan mampu menghapus luka musim lalu, serta mengembalikan keangkeran Old Traffold sebagai stadion yang menakutkan bagi lawan.


6 dari 6 halaman

Buang Pemain yang Tak Dibutuhkan

Tur pramusim yang dijalani MU di AS memberikan kesempatan bagi Van Gaal untuk menilai kinerja beberapa pemain yang diisukan akan didepak sang manajer karena penampilan buruk musim lalu.

Dengan tidak ikut dalam turnamen Eropa musim depan, Van Gaal diyakini akan memperkuat pengertian antar pemain serta memberikan rasa nyaman terhadap pemain dengan memberikan mereka jam terbang yang teratur.

Kabarnya ada 10 pemain yang akan didepak van Gaal seperti Ashley Young, Nani, Tom Cleverley, Marouane Fellaini dan Javier Hernandez. Dan, kabarnya bos MU tersebut diyakini akan membuat dua hingga tiga pembelian pemain lagi pada jendela transfer musim panas kali ini.

Baca juga:

MU akan Cuci Gudang Selama Musim Panas

Yorke Yakin MU Juara Liga Inggris Musim Depan

Madrid dan Monaco Capai Kesepakatan Soal James Rodriguez

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

Video Terkini