Sukses

Asal Usul "Hamez" Bukan "James" Rodriguez

Komentator asal Inggris, Clive Tyldesley diledek di dunia maya karena tidak mengucapkan nama James Rodriguez dengan lafal Spanyol.

Liputan6.com, Clive Tyldesley seorang komentator ITV belakangan menjadi korban bullying di media sosial lantaran melafalkan nama James Rodriguez "James" bukan "Hamez". Dia tidak mengucapkan nama pemain asal Kolombia itu dengan logat Spanyol.

Hal itu terjadi ketika Tyldesley memandu acara Piala Dunia 2014 di ITV. Tyldesley yang telah menjadi komentator sejak Piala Dunia 1998 itu mengucapkan nama James sesuai lafal Inggris. Sejak itu, Tyldesley menjadi korban di cemoohan dunia  maya.

Terus menjadi bahan ledekan, Tyldesley membuat pernyataan sikap. Karena orang asli Inggris dia melafalkan "James". Meski demikian, dia selalu berusaha mengucapkan nama pemain dengan benar.

"Saya bukan seorang ahli bahasa. Boleh percaya atau tidak, saya selalu mengucapkan nama dengan betul. Memang benar, dalam bahasa Spanyol, nama James Rodriguez menjadi "Ha-mez Rod-reeg-ez. Buat saya ini dilema, karena saya orang Inggris asli," ujar Tydesley dilansir dari Daily Mail.

Menurut Tyldesley,  bila nama pemain di Piala Dunia diucapkan dengan lafal sesuai logat tertentu membuat nama pemain seperti Robin Van Persie, Cristiano Ronaldo dan David Luiz akan terdengar berbeda dan asing di telinga. "Dan itu bisa menjadi bencana bagi komentator sepakbola," ucapnya.

Rodriguez tampil gemilang di Piala Dunia 2014. Sukses merebut sepatu emas setelah menempati peringkat pertama dalam daftar pencetak gol membuat Real Madrid kepincut dan mendatangkannya dari AS Monaco dengan nilai transfer sebesar 80 ribu euro (Rp 1,24 triliun).

Baca Juga:
3 Artis Cantik Ini Tidak Sabar Nonton Juventus di GBK
Perkenalkan, Ini 2 WAGs Baru Real Madrid
Rahasia Dibalik Kecantikan Atlet Voli Sabina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.