Sukses

Timnas U-19 Batal Ikut Turnamen COTIF di Spanyol

Sebagai pengganti timnas U-19, PSSI mengirim timnas U-21.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 dipastikan batal mengikuti Turnamen COTIF di Spanyol. Sebagai gantinya, Garuda Jaya akan mengikuti Turnamen Hassanal Bolkiah (HBT) di Brunei Darussalam.

Seperti diketahui, Turnamen COTIF akan berlangsung di Valencia, Spanyol, pada tanggal 10 hingga 20 Agustus 2014. Namun karena faktor teknis dan waktu yang mepet, Evan Dimas dan kawan-kawan batal mengikuti turnamen tersebut.

"Melalui KBRI di Brunei, secara resmi meminta PSSI agar mengirimkan tim untuk ikut di HBT pada tanggal 9 hingga 23 Agustus 2014," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono usai rapat Komite Eksekutif PSSI di Hotel Sultan, Rabu (23/7/2014).

"BTN (Badan Tim Nasional) menilai HBT lebih bermanfaat dari sisi teknis terhadap tim. Terlebih lagi, Indonesia merupakan runner-up di tahun sebelumnya. Jadi wajib mengikuti karena Timnas U-19 akan menghadapi negara, tidak seperti di COTIF yang melawan klub," sambung Joko.

Di Turnamen HBT, Timnas U-19 tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, Singapura dan Brunei Darussalam. Sementara di Grup A diisi oleh Laos, Myanmar, Thailand, Timor Leste dan Filipina.

Dengan Timnas U-19 mengikuti HBT, bukan berarti Indonesia absen di Turnamen COTIF. PSSI akan mengirim Timnas Indonesia U-21 sebagai gantinya.

"Rudi Willian Keltjes akan menjadi pelatihnya. Pemainnya akan banyak diisi oleh juara ISL U-21, Sriwijaya FC. Akan ada 10 hingga 12 pemain Sriwijaya ditambah dengan empat pemain Timnas U-19," tutup Joko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.