Sukses

Bagaimana Sosok Louis Van Gaal di Mata Giggs?

Liputan6.com, Asisten pelatih Manchester United (MU), Ryan Giggs menyebut manajer Louis Van Gaal memiliki kemiripan dengan Sir Alex Ferguson. Mulai dari karakter, pendekatan, hingga kedisiplinan.

Van Gaal resmi menggantikan posisi David Moyes yang dipecat jelang akhir musim lalu. Giggs yang sebelumnya menjadi manajer pemain MU naik pangkat menjadi asisten pelatih The Red Devils. Di mata pemain asal Wales itu, Van Gaal mirip Ferguson.

"Ya, saya bisa melihat kesamaan itu," kata Giggs sebagaiamana dilansir dari Soccernet. "Keduanya (Van Gaal dan Ferguson memiliki aura untuk mendatangkan sukses bagi tim," lanjut pemain jebolan Akademi MU  kelas 1992 itu.

Giggs menilai, Van Gaal sosok perfeksionis. Tipikal pelatih yang sangat memperhatikan hal-hal kecil. "Dia ingin segalanya berjalan benar sejak menit pertama hingga akhir latihan. Ini program yang diterapkan sejak di Piala Dunia (sejak melatih Belanda)."

"Van Gaal membuat semuanya jelas dan semua orang harus memahami keiginannya. Dia punya cara unik untuk menterjemahkan instruksi (di dalam lapangan). Dia mampu melihat segala sesuatu dengan brilian," tutur Giggs.

Bila membuat kesalahan, Giggs melanjutkan, Van Gaal berbicara sesuai fakta. Begitu pula jika pemain mematuhi perintahnya, pelatih 61 tahun itu tidak segan memberikan pujian. "Ini cukup sederhana. Van Gaal tidak membeda-bedakan orang."

Giggs pun sadar, kedisplinan Van Gaal tidak bisa ditawar. Namun dia melihat hal itu sesutu yang wajar karena pendekatan dan gaya melatih setiap orang berbeda-beda. "Setiap manajer memiliki gagasan dan filosofi yang tidak sama."

Terlepas dari kesamaan Ferguson dan Van Gaal, Giggs menilai, faktor penentu kesuksesan ada di tangan pemain.

"Semua tergantung pada diri pemain bagaimana mereka merespon dan mempunyai rasa hormat terhadap tim. Dalam waktu singkat bekerja sama dengan Van Gaal, Anda bisa melihat keberhasilan yang kami dapat. Dia mampu menularkan sukses."

Baca Juga:
5 Gambaran Pola Permainan MU Era Van Gaal
Kisah Van Gaal (II): Membual Seperti Cryuff Demi Tim Inti Ajax
Aksi "Nakal" Van Gaal Intip Dada Presenter Terekam Kamera

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini