Sukses

Swiss Tekuk Belanda

Dua gol Tranquilo Barnetta membawa Swiss meraih kemenangan gemilang pada pertandingan persahabatan, Rabu (22/08) ini. Swiss menekuk Belanda 2-1 (1-0). Sementara itu, Prancis unggul 1-0 (1-0) dari Slovakia. Hasil lain?

Salah satu tuan rumah bersama Euro 2008, Swiss meraih kemenangan gemilang dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung Rabu (22/08) atau Kamis dinihari—WIB. Swiss menutup pertandingan melawan Belanda dengan kemenangan 2-1 (1-0).

Kedua gol kemenangan Swiss diborong oleh Tranquilo Barnetta yang dibuka lewat gol dari titik putih. Gelandang yang bermain di Bayer Leverkusen itu membuka kemenangan timnya pada menit kesembilan, sebelum gol keduanya enam menit selepas babak kedua berjalan.

Ruud van Nistelrooy yang kembali ke dalam Timnas Belanda tidak mampu menunjukkan ketajamannya. Van Nistelrooy kemudian diganti pelatih Marco van Basten dengan Dirk Kuyt di babak kedua. Belanda yang lebih unggul dalam penguasaan bola berhasil memperkecil kekalahan pada menit ke-52 atau selang semenit dari gol kedua Barnetta yang dicetak Kuyt.

Pertandingan lain, Prancis membekap tuan rumah Slovakia dengan kemenangan tipis 1-0. Satu gol kemenangan Les Bleus dihasilkan oleh striker anyar Barcelona, Thierry Henry lima menit sebelum babak pertama berakhir. Gol semata wayang itu diciptakan melalui tendangan bebas mendatar dari jarak 25 meter. Peluang dari Franck Ribery dan Philippe Mexes tidak mampu menambah keunggulan Prancis.

Dari Yunani, Spanyol menundukkan juara bertahan Piala Eropa tersebut. Yunani memimpin pada menit ke-19 lewat sundulan Theofanis Gekas. Menit ke-38 Spanyol menyamakan kedudukan melalui Carlos Marchena sebelum akhirnya babak pertama ditutup dengan keunggulan Yunani lewat tendangan jarak jauh Kostas Katsouranis, satu menit sebelum jeda.

Kemenangan untuk melepas kapten tim Theodoros Zagorakis dipupus oleh dua gol kolega Marchena di Valencia, David Silva. Winger kiri itu menyamakan kedudukan pada menit ke-66 dan ditutup oleh chip indahnya di masa injury time.

Hasil pertandingan persahabatan lain, Rabu (22/08):
Austria 1 (Harnik 78) vs Republik Ceska 1 (Koller 33)
Skotlandia 1 (Boyd 71) vs Afrika Selatan 0
Kroasia 5 (Da Silva 18; Srna 35, 74; Kovac 73, 81) vs Bosnia 3 (Muslimovic 37, 70, 77)
Swedia 1 (Kallstrom 56) vs Amerika Serikat 0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.