Sukses

Lawan Atletico, Heinze dan Robben Belum Siap

Real Madrid langsung dihadapkan pada tantangan berat dalam mempertahankan gelar La Liga Spanyol musim ini. Dalam laga derby menghadapi Atletico Madrid di Bernabeu, El Real belum menyertakan nama Gabriel Heinze dan Arjen Robben.

La Liga Spanyol 2007-08 akan dimulai Sabtu atau Minggu (26/08) dinihari—WIB. Sebagai laga pembuka tersaji pertarungan panas derby kota Madrid antara juara bertahan Real Madrid kontra Atletico Madrid di Santiago Bernabeu.

Pertandingan itu sendiri belum dimulai, tekanan sudah bertumpuk di pundak pelatih Real, Bernd Schuster. Dari catatan pra-musim Raul Gonzalez dkk hasilnya kurang memuaskan. Catatan pembuka ditutup dengan melayangnya gelar Super Copa Spanyol ke Sevilla yang takluk aggregate 3-6.

Ini jelas bukan hasil yang diharapkan bagi Madridistas—pendukung setia El Real. Apalagi setelah dana yang dikucurkan untuk memperkuat skuad mencapai 120 juta euro atau jika dikurskan, Rp 1,5 triliun lebih. Tidak ada kamus gagal buat Schuster yang kehadirannya membuat Fabio Capello terdepak apalagi dala partai derby dinihari nanti.

Beralih ke Atletico, selama bertahun-tahun nasib Los Rojiblancos selalu dibayang-bayangi ketenaran Los Merengues. Mereka dianggap klub kedua dari ibukota atau justru dikesampingkan. Sudah sebelas tahun terakhir kata menang menjauhi Atletico dari laga derby. Sekarangkah waktunya? Mungkin, walaupun tipis. Kondisi lawan yang masih limbung menjadi peluang besar bagi tim besutan Javier Aguirre.

Atletico juga melakukan perombakan dalam skuadnya. Tidak sampai mengganti pelatih memang, tapi dana yang total dikucurkan mencapai 80 juta euro (Rp 1 triliun lebih) bisa memberi gambaran. Anak emas publik Vicente Calderon, Fernando Torres rela dilepas untuk menyegarkan skuad. Selanjutnya Aguirre mendatangkan beberapa pemain bernaluri serang yang dahsyat. Sebut saja mantan El Pichichi Diego Forlan, Simao Sabrosa, Luis Garcia dan Jose Antonio Reyes yang dicampakkan Real setelah dipinjam selama satu musim.

Bicara ke susunan pemain. Heinze dan Robben nampaknya harus menunggu untuk memulai debutnya. Keduanya tidak disertakan Schuster karena belum mendapat jatah latihan yang cukup. Penjaga gawang utama Iker Casillas juga diragukan tampil karena menderita cedera ringan sepulang membela Timnas Spanyol. Selebihnya, enam pemain baru: Christoph Metzelder, Pepe, Javier Saviola, Jerzy Dudek, Royston Drenthe dan Wesley Sneijder disiapkan.

Dari Atletico, Simao dan Maxi Rodriguez masih berjuang mengembalikan kondisi prima meski tetap dibawa, sama seperti bek kanan Yunani, Yourkas Seitaridis. Pertandingan ini akan menjadi laga emosional bagi Reyes, pertandingan pertama plus mengunjungi Bernabeu. Forlan akan menjadi andalan di depan, kemungkinan akan berbagi peran dengan Sergio “Kun” Aguero.

Perkiraan pemain:
Real Madrid: Casillas/Dudek; Sergio Ramos, Pepe, Cannavaro, Drenthe; Sneijder, Guti, Diarra, Robinho; Raul, Van Nistelrooy.
Atletico Madrid: Leo Franco/Abbiati; Ze Castro, Ibanez, Perea, Antonio Lopez; Maxi Rodriguez, Luccin, Maniche, Reyes; Aguero, Forlan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.