Sukses

6 Pemain Arsenal Ini Membelot ke Klub Manchester

Berikut adalah rangkuman pemain klub asal London, Arsenal yang hijrah ke klub Manchester.

Liputan6.com, Jakarta - Rivalitas kota London dan Manchester dalam perebutan gelar di tanah Inggris memang cukup sengit. Bahkan klasemen papan atas Liga Inggris dikuasai klub-klub yang berasal dari kota tersebut seperti, Arsenal, Manchester United, Chelsea, dan Manchester City.

Namun bagaimana jika para klub tersebut saling 'membajak' pemain dari klub pesaingnya? Tentu hal ini dapat menambah aroma drama serta kerasnya rivalitas antar tim.

Saat ini tengah marak kabar yang menyebut kapten Arsenal, Thomas Vermaelen akan hijrah ke Manchester United. Pasalnya saat ini masa depan bek asal Belgia itu bersama The Gunners masih belum jelas.

Berikut adalah rangkuman pemain klub asal London, Arsenal yang hijrah ke klub Manchester.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Emmanuel Adebayor

1. Emmanuel Adebayor

Penyerang Tottenham Hotspur, Emmanuel Adebayor, adalah mantan penyerang Arsenal yang sempat bergabung dengan Manchester City di tahun 2009. Ia dilepas The Gunners seharga 25 juta pounds atau setara Rp 496 miliar.

Adebayor bergabung dengan The Gunners di musim 2005/2006. Ia mulai mendapat kepercayaan Arsene Wenger di lini depan menyusul kepergian Thierry Henry ke Barcelona.

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/562896/original/img_adebayor-17.jpg


Adebayor menjadi rekan duet dari Robin van Persie di lini serang Arsenal. Namun keduanya belum berhasil mempersembahkan trofi bagi klub Gudang Peluru.

Saat berseragam City, Adebayor sempat melakukan aksi kontroversial. Ia menendang wajah mantan rekannya, Van Persie saat Manchester City berhadapan dengan Arsenal. Akibat kejadian itu, ia mendapat larangan bertanding sebanyak tiga laga di Liga Inggris.

 

3 dari 7 halaman

2. Kolo Toure

2. Kolo Toure

Pemain belakang Liverpool, Kolo Toure, rupanya sempat membela Arsenal di musim 2002 hingga 2009. Namun di musim 2010, Toure bergabung dengan Manchester City dengan nilai transfer 16 juta pounds atau setara Rp 318 miliar.

Semasa membela Arsenal, Toure berjasa mempersembahkan dua gelar Liga Premier dan tiga Piala FA. Ia menjadi rekan Sol Campbell di lini belakang dan menjadi salah satu bek terbaik Liga Premier saat itu.

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/236887/original/img_arsenal-3.jpg


Toure bahkan menjadi salah satu pemain saat The Gunners meraih julukan Invincibles. Saat itu pasukan Arsene Wenger berhasil bertanding tanpa kekalahan sepanjang musim.

Penyebab kepindahan Toure ke Manchester City disebut-sebut tidak lepas dari kedatangan bek Prancis, William Gallas. Bersama City, Toure berhasil meraih satu gelar Liga Premier dan satu Piala FA.

 

4 dari 7 halaman

3. Gael Clichy

3. Gael Clichy

Bek Manchester City, Gael Clichy, sempat membela Arsenal di musim 2003. Ia memutuskan untuk bergabung dengan The Citizens pada 2011 akibat tidak mendapatkan gelar bersama The Gunners.

Clichy sempat merasakan gelar Liga Premier di 2003/2004 dan Piala FA 2004/2005. Namun saat itu bek asal Prancis ini tidak banyak bermain, karena ia kalah bersaing dengan bek kiri Arsenal saat itu, Ashley Cole.

Saat Cole hijrah ke Chelsea musim 2006/2007. Clichy mulai mendapat kepercayaan dari manajer Arsene Wenger untuk mengisi sisi kiri pertahanan The Gunners.

Namun Clichy tidak berhasil mendapatkan gelar apa-apa lagi bersama The Gunners. Ia pun memutuskan bergabung dengan Manchester Biru dengan nilai transfer 7 juta pounds atau Rp 138 miliar.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/234993/original/img_ajax_arsenal.jpg


Clichy pun sempat mengatakan. "Saya tidak ingin bermain tanpa gelar. Saya ingin bermain bagi klub yang dapat mendapatkan gelar."

Ternyata benar, saat bergabung dengan The Citizens, Clichy berhasil mendapatkan dua gelar Liga Premier dan satu Piala Liga. Ia juga menjadi pilihan utama di lini pertahanan City saat mendapatkan gelar itu.

 

5 dari 7 halaman

4. Samir Nasri

4. Samir Nasri

Gelandang Manchester City, Samir Nasri, mengikuti jejak mantan rekannya di Arsenal, Gael Clichy untuk bergabung dengan The Citizens. Nasri bergabung dengan Manchester City di musim 2011/2012 dengan nilai transfer 24 juta pounds atau Rp 477 miliar.

Nasri bergabung dengan Arsenal di musim 2008/2009. Selama tiga musim membela The Gunners, gelandang asal Prancis ini tidak mendapatkan gelar apapun.

Kepindahan Nasri ke The Citizens sendiri membuat ia merasakan manisnya memenangkan gelar. Pasalnya ia berhasil menyumbangkan gelar Liga Premier di musim pertamanya bergabung. Total ia sudah meraih dua gelar Liga Premier dan satu Piala Liga bersama The Citizens.

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/563930/original/img_nasri-3.jpg


Manajer Arsenal, Arsene Wenger, mengaku terpaksa melepas Nasri. Saat itu City menawarkan harga yang cukup tinggi.

"Di saat terakhir, kami terpaksa membuat keputusan, karena pemain dapat sangat berharga di suatu waktu dan menjadi tidak berharga dalam enam bulan ke depan."

 

6 dari 7 halaman

5. Robin van Persie

5. Robin van Persie

Penyerang Manchester United, Robin van Persie, sempat menjadi andalan Arsenal di lini depan. Namun ia memutuskan meninggalkan The Gunners usai kecewa karena tidak mendapatkan gelar apapun.

RVP resmi berseragam Arsenal di musim 2004/2005. Ia pun menjadi salah satu pemain saat The Gunners berhasil meraih Piala FA di musim itu.

Namun saat itu pria asal Belanda ini tidak berperan banyak. Ia masih berada di bawah bayang-bayang Thierry Henry.

Sepeninggalan Henry ke Barcelona, RVP mulai mendapatkan tempat di lini serang Arsenal. Ia bahu membahu dengan Emmanuel Adebayor, Eduardo da Silva, dan Marouane Chamakh di Arsenal.

Van Persie pun berhasil mendapat kepercayaan Arsene Wenger untuk menjadi kapten The Gunners di beberapa musim terakhirnya. Namun hal itu tidak membuatnya puas. Ia memutuskan bergabung dengan The Red Devils di musim 2012/2013 dengan nilai transfer 24 juta pounds atau Rp 477 miliar.

Bak gayung bersambut, RVP berhasil mendapatkan gelar Liga Inggris pertamanya di musim pertamanya itu. Bahkan ia menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Premier saat itu.

 

7 dari 7 halaman

6. Bacary Sagna

6. Bacary Sagna

Rekrutan baru Manchester City, Bacary Sagna, adalah pemain baru yang didatangkan The Citizens dari Arsenal. Ia didatangkan secara cuma-cuma menyusul kontraknya yang telah habis bersama Arsenal.

Sagna menolak untuk memperpanjang kontraknya bersama The Gunners karena merasa tidak dihargai. Pria asal Prancis ini menuntut kenaikan gaji dari The Gunners, namun hal itu tidak terealisasi.
http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/683004/original/000_DV1717601.jpg
Sagna bergabung dengan The Gunners di musim 2007/2008. Bersama Arsenal, ia baru meraih satu Piala FA 2013/2014 lalu.

Berkat penampilan baiknya, ia selalu menjadi pilihan utama Arsene Wenger di sisi kanan pertahanan The Gunners menyusul perginya, Emmanuel Eboue. Ia pun dijuluki Mr Capable, yang berarti 'tuan yang dapat dipercaya' oleh fans Arsenal.



 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini