Sukses

Arsenal-City Bersaing Raih Trofi Pertama

Ajang Community Shield adalah kesempatan yang sangat langka dan hanya dimiliki dua tim juara di setiap musimnya.

Liputan6.com, London: Liga Inggris segera bergulir. Sebelum kompetisi paling ketat ini dimulai, biasanya akan digelar pertandingan pembuka musim atau yang disebut Community Shield.

Tahun ini, Community Shield akan mempertemukan juara Liga Primer Inggris 2013/14 Manchester City dan pemenang Piala FA musim lalu, Arsenal. Laga yang akan digelar Minggu 10 Agustus 2014 di Stadion Wembley ini, merupakan penampilan pertama bagi The Gunners sejak 2004. Sementara, bagi City ini akan menjadi kesempatan lainnya untuk menjadi juara setelah 2012.

Ajang Community Shield menjadi momentum kedua tim tersebut mendapatkan trofi pertama mereka di musim 2014/15, kesempatan yang sangat langka dan hanya dimiliki dua tim juara di setiap musimnya.

Berdasarkan data, prestasi Arsenal di ajang Community Shield masih unggul dibanding City. Klub asal London ini sudah 12 kali menjuarai turnamen itu, sedangkan City baru 4 kali.

Arsenal, tentunya tak ingin melewatkan kesempatan ini. Apalagi mereka baru saja mengakhiri masa paceklik gelar selama sembilan musim. Namun, menang atas City, kampiun Liga Primer Inggris musim lalu, bukanlah sesuatu yang mudah. Bahkan di musim lalu, Arsenal sama sekali gagal meladeni perlawanan Citizen.


http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/719303/original/statistik-pertemuan-arsenal-man-city-yos-140808.jpg

Sebelum bertarung di laga bergengsi ini, Arsenal sempat melakoni laga pra-musim di New York, AS. Setelah itu, Arsenal mengikuti turnamen Piala Emirates. Di kejuaraan ini, skuad asuhan Arsene Wenger itu, hanya mampu menjadi runner-up.

Wenger sudah menegaskan tim yang sekarang jauh berbeda dengan sebelumnya. Dengan bergabungnya Alexis Sanchez, Mathieu Debuchy, Calum Chambers dan David Ospina, plus ditambah pemain lawas yang memiliki potensi mematikan di gawang lawan, Arsenal disebutnya memiliki kekuatan yang lebih kompetitif.

"Kami tidak mungkin siap secara fisik tapi kami harus lebih baik pada hari Minggu. Ini adalah tes yang bagus, baik untuk bermain Manchester City karena mereka adalah lawan yang menarik," katanya.

Sayangnya, Arsenal akan kehilangan beberapa pemain pilar dalam pertandingan nanti. Thomas Vermaelen, Theo Walcott, tak bisa bertandingan akibat cedera. Sedangkan Per Mertesacker, Mesut Ozil, dan Lukas Podolski diberikan istirahat panjang setelah mereka berlaga di Brasil 2014.

Sejumlah laga uji coba juga dilakoni City. Setelah menjajal klub Skotlandia, City melanjutkan perjalanannya ke AS untuk mengikuti turnamen International Champions Cup.

Skuad asuhan Manuel Pellegrini ini, sekarang sudah mulai fokus lagi untuk meladeni tantangan Arsenal. Beberapa pemain baru seperti Frank Lampard dan Bacary Sagna sudah ikut berlatih.

Namun, kemungkinan besar Lampard dan Sagna belum bisa dimainkan. Pemain City lainnya yang bakal absen melawan Arsenal, adalah Vincent Kompany, Pablo Zabaleta, Fernandinho, Sergio Aguero, Martin Demichelis, dan Alvaro Negredo.

"Ini bukan pertandingan persahabatan," katanya. "Ini adalah pertandingan penting melawan tim penting di Arsenal."

Dengan komposisi yang dimiliki kedua tim, dan kemampuan mengatur strategi yang dimiliki masing-masing pelatih, patut ditunggu bagaimana hasil duel Arsenal dan Manchester City di Wembley malam nanti.

Prakiraan Susunan Pemain:

Arsenal: Szczesny, Debuchy, Chambers, Koscielny, Monreal, Arteta, Ramsey, Wilshere, Cazorla, Alexis Sanchez, Giroud
Manchester City: Joe Hart, Clichy, Kompany, Kolarov, Sagna, Fernandinho, Yaya Toure, Nasri, David Silva, Lampard, Jovetic

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Meski sering dianggap sebagai salah satu trofi minor namun nyatanya laga Community Shield masih menjadi sebuah laga yang dinantikan para pen
    Meski sering dianggap sebagai salah satu trofi minor namun nyatanya laga Community Shield masih menjadi sebuah laga yang dinantikan para pen

    Community Shield

Video Terkini