Sukses

Pecatur Cantik Indonesia jadi Jawara di Ceko

Grand Master Medina Warda Aulia tampil sebagai juara pada kejuaraan catur internasional "Pardubice Chess Festival" di Ceko.

Liputan6.com, Jakarta - Pecatur putri Indonesia Grand Master Medina Warda Aulia tampil sebagai juara pada kejuaraan catur internasional "Pardubice Chess Festival" di Ceko.

Menurut informasi dari Sekretaris Ketiga Penerangan dan Juru Bicara KBRI Praha, Fitriyani Riduan, Kamis, kejuaraan yang berlangsung 14-27 Juli itu diikuti oleh lima pecatur dari berbagai kategori.

Medina juara setelah mengungguli pecatur Rusia Polina Shuvalova pada babak terakhir. Meski sama-sama mengoleksi lima poin kemenangan dari sembilan babak, namun GM Medina (2.382) unggul nilai tie-break rating rata-rata atas lawannya.

Sementara pecatur putri Indonesia lainnya, GM Irene Sukandar meraih peringkat ketiga dalam turnamen itu.

Bagi Medina, ini gelar juara kedua kalinya karena pada uji coba pertama menuju Olimpiade 2014 yakni Grand Europe Cup Seri I di Albena, Bulgaria, 1-9 Juni 2014, ia juga menjadi juara untuk kategori wanita.

Medina yang baru berusia 17 tahun merupakan salah satu pecatur wanita terbaik Indonesia, dengan segudang prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Salah satunya adalah meraih peringkat pertama pada event bergengsi "the 8th Singapore International Chess Championship", pada Desember 2012 lalu.

Dalam turnamen Pardubice Chess Festival, Indonesia mengirim 10 pecatur, masing-masing lima putra dan lima putri.

Pecatur wanita terdiri atas Irene Kharisma Sukandar, Medina Warda Aulia, Chelsie Monica Ignesias Sihite, Dewi Adrhiani Anastasia Citra dan Ummi Fisabilillah.

Sementara, pecatur laki-laki terdiri atas Susanto Megaranto, M Luthfi Ali, Farid Firmansyah, Novendra Prihasmoro dan Azarya Jody Setyaki.

Berikut posisi 10 besar di turnamen Pardubice Chess Festival 1. GM Medina Warda Aulia (Indonesia, 2.382). 2. MF Polina Shuvalova (Rusia, 2.108). 3. GM Irene Kharisma Sukandar (Indonesia, 2.375). 4. Sholpan Zhylkaidarova (Kazakhstan, 2.069), 5. GM Katerina Nemcova (AS, 2.314). 6.MI Elena Semenova (Rusia, 2.215). 7. MI N. Raghavi (India, 2.227). 8. MF Marlena Chlost (Polandia, 2.142), 9. MF Martina Folkova (Ceko, 2.188). 10. MF Anastasia Travkina (Rusia, 2.200). (Ant)

Baca Juga:
5 Bentrokan Terakhir Jakmania dan Viking
Ahok Yakin Jakmania Jaga Laga Persija Vs Persib
Formasi Tak Diubah, Liverpool Tunjuk Sturridge Sebagai Mesin Gol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini