Sukses

3 Kapten Arsenal yang Dibajak Barcelona

Thierry Henry, Cesc Fabregas, dan Thomas Vermaelen adalah tiga mantan kapten Arsenal yang direkrut Barcelona.

Liputan6.com - Barcelona kembali mendatangkan mantan pemain Arsenal. Uniknya, Barca lagi-lagi merekrut pemain yang pernah menjabat sebagai kapten tim di kubu Meriam London.

Pada Sabtu (9/8/2014) waktu setempat, Barca resmi mengikat Thomas Vermaelen dengan durasi kontrak lima tahun. Pemain kebangsaan Belgia itu diboyong dengan biaya transfer 19 juta euro atau sekitar Rp 299 miliar.

Vermaelen pernah menjabat sebagai kapten di Arsenal. Jabatan serupa juga pernah diberikan pada Thierry Henry dan Cesc Fabregas. Kedua pemain itu pernah membela Arsenal sebelum akhirnya direkrut oleh El Barca.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Thierry Henry

1. Thierry Henry

Henry bergabung dengan Barcelona di musim 2007 lalu setelah Arsenal melepasnya seharga 24 juta euro atau setara Rp 378 miliar. Semasa berseragam Arsenal, Henry turut mengantarkan timnya mendapatkan beberapa gelar.

Pria asal Prancis ini tercatat sebagai pemain Arsenal sejak musim panas 1999 silam. Di bawah asuhan Arsene Wenger, Henry mampu menjelma menjadi sosok yang menakutkan di lini serang The Gunners.

Bersama Arsenal, Henry meraih dua gelar Liga Premier dan tiga Piala FA. Di Liga Champions, Henry tak pernah juara bersama Arsenal. Catatan terbaiknya hanyalah runner up di musim 2006.

Ditunjuknya Henry menjadi kapten The Gunners bermula dari hengkangnya Patrick Vieira ke Juventus pada musim panas 2005. Ketika ditunjuk menjadi kapten, ketajaman Henry dalam mencetak gol kian meningkat. Ia sukses menjadi pencetak gol terbanyak klub di musim 2005/2006 melewati raihan legenda Arsenal, Ian Wright.

Keputusan Henry bergabung dengan Barca ternyata tidak mampu membuatnya secemerlang kala berseragam Arsenal. Meski sudah meraih dua gelar Liga Spanyol, satu Copa del Rey dan satu gelar Liga Champions, ia tetap berada di bawah bayang-bayang bintang Barca kala itu, Ronaldinho dan Lionel Messi.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/563545/original/img_henry_13.jpg

3 dari 4 halaman

Cesc Fabregas

2. Cesc Fabregas

Gelandang asal Spanyol, Cesc Fabregas sempat menjadi kapten Arsenal sepeninggal Thierry Henry. Ia merupakan salah satu gelandang muda terbaik yang pernah dimiliki Arsenal.

Fabregas bergabung dengan tim muda Arsenal pada 2003. The Gunners mendatangkannya dari Barca seharga 3,2 juta euro atau setara Rp 50 miliar.

Bersama Arsenal, Fabregas meraih satu gelar Liga Premier dan satu Piala FA. Namun saat ban kapten melingkar di lengan kirinya, Fabregas gagal memberikan gelar untuk Arsenal.

Hal inilah yang membuatnya meninggalkan skuat Meriam London pada 2011 lalu. Arsenal mendapat keuntungan berlimpah karena Barcelona membelinya dengan harga 34 juta euro atau Rp 536 miliar.

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/683222/original/000_DV1599057.jpg

4 dari 4 halaman

Thomas Vermaelen

3. Thomas Vermaelen

Bek asal Belgia, Thomas Vermaelen resmi bergabung dengan Barcelona di musim panas tahun ini. Vermaelen akan dipekerjakan Barca hingga lima tahun ke depan.

Vermaelen diberikan jabatan kapten Arsenal ketika Fabregas pergi ke Barcelona. Ia mampu membangun tembok kokoh di lini belakang Arsenal bersama Laurent Koscielny.

Namun perlahan perannya mulai tergeser akibat kalah bersaing dengan Per Mertesacker. Kondisi tersebut membuat jabatan kapten tim berpindah ke tangan Robin van Persie dan Mikel Arteta.

Di musim 2013/2014, Vermaelen sering menjadi cadangan. Semasa membela Arsenal sejak musim 2009 hingga 2014, Vermaelen baru mendapatkan satu Piala FA.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/719613/big/1000x410__VERMAELEN.v1407583454.jpg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini