Sukses

Timnas Indonesia U-19 Dibungkam Brunei U-21

Timnas Indonesia U-19 kalah 1-3 dari Brunei Darussalam pada laga kedua turnamen Hassanal Bolkiah Trophy 2014.

Liputan6.com, Bandar Seri Begawan: Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan pada laga kedua turnamen Hassanal Bolkiah Trophy 2014. Skuat Garuda Jaya takluk 1-3 dari tuan rumah Timnas Brunei Darussalam U-21 di Stadion Nasional Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Senin (11/8/2014) malam WIB.

Hasil ini kian menyulitkan Indonesia untuk lolos ke semifinal. Indonesia baru mengumpulkan poin 1 dari hasil imbang 0-0 melawan Timnas Malaysia U-21. Skuat asuhan Indra Sjafri ini masih menyisakan tiga laga melawan Vietnam, Kamboja, dan Singapura.

Menghadapi Brunei, Indonesia sebenarnya menguasai jalannya pertandingan. Akan tetapi, strategi bertahan yang diterapkan Brunei dengan menempatkan 9 pemainnya di kotak penalti menyulitkan Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan.

Sebaliknya, striker Brunei Adi Said menjadi momok bagi lini pertahanan Indonesia. Said menjebol gawang Ravi Murdianto tiga kali di babak pertama, yakni menit 9, 41, dan 44.

Gol pertama Said terjadi berkat kecerdikannya melewati Sahrul Kurniawan dan Hansamu Yama sebelum melepaskan tendangan keras yang gagal ditepis dengan sempurna oleh kiper Ravi. Sementara dua gol lainnya berkat kesalahan koordinasi pemain Indonesia yang dimanfaatkan Said untuk melepaskan sepakan yang sedikit melambung sehingga sulit dijangkau kiper Ravi.

Tertinggal 0-3, Indonesia kembali tampil menyerang di babak kedua. Dua peluang didapat Indonesia lewat Paulo Sitanggang dan Ilham Udin. Sepakan Paulo masih bisa ditepis kiper Azman, sementara tembakan keras Ilham membentur mistar gawang.

Brunei yang terus tertekan mencoba mengulur-ulur waktu engan pemainnya pura-pura cedera. Tindakan tidak sportif ini sempat memancing emosi pemain Indonesia.

Gol yang dinanti-nanti akhirnya tercipta di menit ke-74. Gol ini bermula dari tusukan Maldini Pali di sisi kanan kotak penalti Brunei. Maldini lalu melepaskan umpan mendatar yang diteruskan dengan back-hell Dimas Drajad dan disambut sontekan terarah Ilham Udin.

Skor 1-3 membuat para pemain Indonesia kian bersemangat untuk terus menyerang. Namun hingga tambahan waktu empat menit, Indonesia gagal mencetak gol tambahan.

Susunan Pemain

1. Ravi Murdianto (GK) 2. Putu Gede (Septian David) 13. Sahrul Kurniawan 16. Hansamu Yama 5. Fatchu Rochman 19. Zulfiandi (M Hargianto) 17. Paulo Sitanggang 6. Evan Dimas (C) 15. Maldini Pali 20. Ilham Udin 10. Muchlis Hadi (Dimas Drajad)

Brunei U-21: Azman Ilham; Khairil Shame, Reduan Petara, Asnawi Syazmi Azis, Asri Sapar, Nur Azees, Yura Indera, Nurikhwan Othman, Aminuddin Zakwan, Adi Said, Suhaimi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini