Sukses

Inilah 6 Bek Termahal Liga Premier Inggris

Posisi teratas ditempati rekrutan baru Manchester City, Eliaquim Mangala.

Liputan6.com - Bek tim nasional Prancis, Eliaquim Mangala memecahkan rekor transfer Liga Premier Inggris. Pemain berusia 23 tahun itu baru saja diboyong Manchester City dengan harga fantastis, 32 juta poundsterling atau setara Rp 629 miliar.

Untuk saat ini, Mangala tercatat sebagai bek termahal di Liga Premier. Ia mengalahkan Rio Ferdinand yang dibeli Manchester United dari Leeds United dengan harga 30 juta poundsterling atau sekitar Rp 588 miliar.

Selain dua nama tadi, ada beberapa pemain lainnya yang memiliki nilai transfer selangit. Berikut, Liputan6.com memberikan ulasan mengenai 6 bek termahal di Liga Premier Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Eliaquim Mangala

1. Eliaquim Mangala (32 juta poundsterling)
Manchester City kembali mengeluarkan banyak uang di bursa transfer pemain. Klub asuhan Manuel Pellegrini itu merogoh koceknya hingga 32 juta poundsterling atau setara Rp 629 miliar hanya untuk merekrut Eliaquim Mangala dari FC Porto.

Transfer ini tentunya mengejutkan banyak pihak. Sebab nama Mangala belum cukup dikenal oleh banyak orang. Namun City berani bertaruh menebusnya dengan harga yang sangat tinggi.

Saat bermain di Porto, Mangala belum sekalipun merasakan gelar juara. Namun City berani mengontrak sang pemain hingga lima musim ke depan.

"Saya ingin meraih gelar di sini karena saya seorang yang ambisius. City adalah klub yang besar di Eropa dan akan membantu saya berkembang," kata Mangala.

3 dari 7 halaman

Rio Ferdinand

2. Rio Ferdinand (30 juta poundsterling)
Bek yang kini berusia 35 tahun itu pernah memecahkan rekor transfer pada Agustus 2002 lalu. Ketika itu, ia pindah dari Leeds United ke Manchester United dengan nilai transfer 30 juta poundsterling atau sekitar Rp 588 miliar.

Ferdinand langsung menebus kepercayaan MU dengan menunjukkan penampilan yang gemilang. Ia mampu berperan baik sebagai bek tengah. Pria berpostur 189 cm itu bahkan mengantarkan kubu Setan Merah menjuarai berbagai ajang bergengsi seperti Liga Champions, Liga Premier, dan FA Cup.

Musim ini, Ferdinand memutuskan pindah membela Queens Park Rangers. Ia meninggalkan MU karena kontraknya tidak diperpanjang.

4 dari 7 halaman

Luke Shaw

3. Luke Shaw (27 juta poundsterling)
Meski masih 19 tahun, Luke Shaw sudah memiliki harga jual yang tinggi. Nilai transfernya mencapai 27 juta poundsterling atau sekitar Rp 529 miliar saat ia pindah dari Southampton ke Manchester United.

Penampilan Shaw yang gemilang pada musim 2013/2014 lalu berhasil memaksa MU untuk mengelurkan banyak uang di bursa transfer kali ini. Shaw dipercaya menggantikan peran Patrice Evra yang hijrah ke Juventus

5 dari 7 halaman

Joleon Lescott

4. Joleon Lescott (22 juta poundsterling)
Pemain kebangsaan Inggris ini juga masuk ke dalam daftar bek termahal di Liga Premier. Pada musim panas 2009 lalu, ia direkrut Manchester City dari Everton dengan harga 22 juta poundsterling atau setara Rp 431 miliar.

Sayang, transfer ini dianggap gagal karena Lescott tak banyak memberikan kontribusi untuk The Citizens. Ia sering keluar masuk ruang perawatan untuk menyembuhkan cederanya. Akibatnya, Lescott perlahan tersingkir dari skuat utama.

Musim lalu peran Lescott tergantikan oleh bek muda asal Serbia, Matija Nastasic. Ia akhirnya pindah ke West Bromwich Albion di bursa transfer musim panas tahun ini.

6 dari 7 halaman

David Luiz

5. David Luiz (21 juta poundsterling)
Pada bursa transfer musim dingin Januari 2011 lalu, Luiz didatangkan Chelsea dari Benfica. Harga transfernya saat itu mencapai 21 juta poundsterling atau sekitar Rp 411 miliar.

Luiz memberikan kontribusi positif untuk skuat The Blues. Namun saat Jose Mourinho kembali ke pangkuan Chelsea, peran Luiz di skuat utama mulai tersisih. Ia akhirnya dijual ke Paris Saint Germain pada musim panas tahun ini. Klub kaya raya Prancis itu menebus Luiz dengan harga 39 juta poundsterling.

7 dari 7 halaman

Aleksandar Kolarov

6. Aleksandar Kolarov (18 juta poundsterling)
Pemain yang dijuluki Roberto Carlos dari Serbia ini memiliki nilai transfer yang cukup tinggi. Saat pindah dari Lazio ke Manchester City pada 2010 lalu, Kolarov mencatatkan nilai 18 juta poundsterling atau Rp 354 miliar.

Sejauh ini Kolarov masih jadi andalan di skuat utama The Citizens. Sang pemain berhasil memenangkan persaingan dengan bek kiri City lainnya yakni Gael Clichy. Meski sempat didekati Juventus, Kolarov hingga kini tetap setia membela timnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini