Sukses

Pengamat Sepakbola: Sudah Saatnya Pemain Timnas U-19 Main di Liga

"Kemudian, ini juga mungkin karena efek dari pelatnas yang panjang," kata Kesit.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa kalangan menilai Timnas U-19 tengah mengalami penurunan performa dalam beberapa bulan terakhir. Salah satunya adalah dari pengamat sepakbola ternama, Kesit Budi Handoyo.

Indikasinya adalah ketika Timnas U-19 dipastikan tersingkir dari Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014. Dalam tiga pertandingan yang sudah dijalani, tim asuhan Indra Sjafri itu tidak sekalipun meraih kemenangan.

Di laga pertama, Evan Dimas dan kawan-kawan bermain imbang dengan Malaysia U-21, 0-0. Selanjutnya, mereka kalah dari tuan rumah Brunei U-21 dengan skor 1-3. Pertandingan ketiga mereka kembali kalah 1-3 yakni dari Vietnam U-19.

"Menurut saya penyebabnya adalah mereka (Timnas U-19) mengalami kejenuhan dalam bertanding (uji coba)," kata Kesit ketika dihubungi Liputan6.com, Sabtu (16/8/2014).



"Kemudian, ini juga mungkin karena efek dari pelatnas yang panjang. Kemampuan para pemain memang harus terus diasah. Tapi bukan hanya dengan cara disatukan dalam pelatnas. Pasalnya itu juga akan membuat mereka jenuh," sambungnya.

Menurut Kesit, salah satu cara untuk mengasah performa Evan Dimas cs yang tidak menimbulkan kejenuhan adalah dengan membiarkan mereka ikut dalam kompetisi sesungguhnya.

"Sudah saatnya mereka berkompetisi di liga karena mereka membutuhkan jam terbang yang cukup dalam pertandingan yang kompetitif. Biarkanlah mereka bergabung dengan klub-klub yang ada untuk bersaing dengan kondisi persaingan yang sesungguhnya," ucap Kesit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.