Sukses

Pesepakbola Ini Tolak Main Satu Lapangan dengan Pemain Israel

Kehadiran Benayoun di laga tersebut membuat Aboutrika menolak tampil.

Liputan6.com, Roma - Pesepakbola top Mesir Mohamed Aboutrika sangat kesal dengan ulah Israel membombardir Gaza, Palestina, yang menyebabkan ribuan orang tewas. Aboutrika menolak undangan tampil satu lapangan dengan pesepakbola Israel Yossi Benayoun.

Aboutrika dan mantan rekan setimnya di Al Ahly, Wael Gomaa diundang Paus Fransiskus untuk tampil pada sebuah pertandingan sepakbola untuk perdamaian di Stadion Olimpico, Roma, 1 September 2014. Laga uji coba ini bertujuan untuk menyatukan orang-orang dengan agama berbeda.

Sejumlah pesepakbola dengan agama berbeda-beda diundang untuk tampil seperti Roberto Baggio (Buddha), Zinedine Zidane (Islam), Benayoun (Yahudi) hingga Lionel Messi (Katolik).

Kehadiran Benayoun di laga tersebut membuat Aboutrika menolak tampil. Seperti dilansir Kingfut, pemain yang dikenal sebagai Muslim yang taat itu tidak mau bekerja sama dengan Zionis dan dia mencoba memberi contoh kepada generasi lain.

"Ini adalah foto undangan pertandingan yang saya tolak karena keikutsertaan negara Zionis," tulis Aboutreika melalui Twitter. Keputusan Aboutrika itu mendapat kecaman dari website Israel mengingat pemain lain dari seluruh dunia sudah setuju ikut serta.

Ini bukan kali pertama Aboutrika menunjukkan dukungan untuk Palestina. Dia pernah menampilkan kaos dalam bertuliskan“Sympathise with Gaza” setelah mencetak gol melawan Sudan tahun 2008 lalu.



Sedangkan Gomaa masih belum membuat keputusan apakah akan tampil atau tidak di laga yang juga akan menampilan Andrea Pirlo, Gianluigi Buffon, Samuel Eto’o, dan Javier Zanetti itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.