Sukses

David Sitanala Pimpin Klasemen Sementara AMC 2014

David bersaing ketat dengan pegokart Indonesia lainnya, Gezha Sudirman di Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta: Pegokart asal Maluku, David J Sitanala  berhasil untuk sementara memimpin klasemen sementara (standing point) kategori Junior Max 125 pada Asian Max Challenge 2014. Hasil ini diperoleh setelah ia meraih podium kedua di Kejuaraan Gokart Asia Max Challenge Indonesia 2014 Putaran ke- 4 di Sepang International Karting Circuit, Malaysia, akhir pekan lalu.

Pembalap yang bertarung dengan membela nama Maluku ini pun menyatakan rasa puasnya. “Saya memang bertekad di putaran ke-4 AMC 2014 yang bertepatan dengan HUT RI ke-69, ingin memberikan hadiah HUT bagi Indonesia.  Puji syukur, hal tersebut tercapai dengan merebut Podium 2 di Sepang,” ujar putra tunggal pasangan Andre dan Reita Maspaitella ini.

Setiap balapan yang diikuti David sepanjang 2014 ini ternyata memberikan kesan dan memiliki momentum tersendiri bagi pebalap berusia 15 tahun ini. Di putaran ke-3, pada 24-25 Mei 2014 lalu, David pun meraih Podium 2 yang mana, hasil juara tersebut merupakan kado HUT untuk ibunda tercintanya, Reita  Sementara di putaran ke-4, kali ini bertepatan dengan HUT RI.  

Pada saat kualifikasi, David berhasil mencatat waktu tercepatnya dan menempati posisi ke-4 dari 37 pebalap.  Pada saat Heat 1, David sempat terlempar ke posisi 18 dikarenakan adanya kesalahan setting dengan gokartnya.

 “Beruntung akhirnya saya bisa mengejar kembali ketertinggalan dan finish di posisi 10 pada Heat 1,” lanjut David.

Pada Heat 2, David kembali start di posisi 4 dan berhasil menyelesaikan Heat 2 di posisi 5.  “Alhasil, saya pun harus start di posisi 8 saat Prafinal karena penentuan posisi start-nya berdasarkan pada pengumpulan poin di Heat 1 dan Heat 2," ujarnya.

Pada saat Prafinal, David berhasil masuk ke posisi 5 besar dan finis di urutan ke-5.  "Saya start dari urutan ke-5 dan berhasil mengejar sampai urutan ke-2 di belakang Gezha Sudirman, pebalap dari Indonesia juga di final," serunya.
 
Pada lap ke-3, David sempat memimpin lomba untuk sekitar 10 lap sebelum kemudian di overtake oleh Gezha.  Setelah melewati 20 lap, David akhirnya harus puas menempati urutan ke-2 untuk kategori kelas Junior Max 125.

 “Hal ini sungguh membuat saya bangga karena bisa memberikan satu lagi kado terindah kepada Indonesia tercinta,” tutur David.  

Akhir bulan Agustus ini, David akan berlaga kembali di kejuaraan gokart Indonesia Rotax Max Challenge (RMC) 2014 Putaran ke-4 di Sentul International Karting Circuit.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini