Sukses

UEFA: Manajemen Klub Masalah Kronis Sepakbola Indonesia

"Perkembangan sepakbola Indonesia harus dimulai dari manajemen klub,"

Liputan6.com, Konfederasi sepakbola Eropa (UEFA) menganalisa permasalahan sepakbola Indonesia terletak pada manajemen klub yang tidak tertata. Masalah itu terlihat jelas di level klub.

UEFA pun merasa, faktor geografis Indonesia yang berbentuk negara kepulauan tidak bisa dijadikan kambing hitam prestasi Indonesia terus jalan di tempat. Perbaikan di level manajemen klub menjadi prioritas utama. Tertunggaknya gaji pemain hingga klub yang mundur dari kompetisi membuat UEFA prihatin.

"Perkembangan sepakbola Indonesia harus dimulai dari manajemen klub," kata salah satu perwakilan UEFA, Alex Phillips dalam jumpa pers di Jakarta.

Menurut Phillips, setiap negara memiliki kesulitan berbeda untuk memajukan sepakbola. Di Indonesia, biaya operasional klub yang bengkak karena harus menempuh perjalanan jauh untuk melakoni pertandingan.

"Soal keadaan geografis Indonesia, tiap negara memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Biaya untuk pembangunan memang sangat mahal, tapi kami yakin di balik semua itu pasti ada jalan keluar. Nantinya ini akan berjalan lebih baik," ucapnya.

Bekerja sama bersama Konfederasi sepakbola Asia (AFC), UEFA memiliki komitmen kuat memajukan sepakbola di tanah air mencangkup semua aspek.

"UEFA akan membantu memajukan teknis, klub, hingga penyelenggaraan liga. Kami dan PSSI akan mengevaluasi banyak aspek. Kami senang berada di Asia karena masyarakatnya gila sepak bola," dia menambahkan.

Baca Juga:
Kisah Asmara 5 Selebriti Tanah Air dengan Pesepakbola
Perseteruan Rojo dan Aguero Panaskan Derby Manchester
Giliran WAGs Seksi MU Terkena Demam Ice Bucket Challenge

* Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • UEFA atau Union of European Football Associations, dalam bahasa Indonesia disebut Uni Sepak Bola Eropa,

    UEFA

  • PSSI